Apa Yang Harus Kita Lakukan Ketika Mengalami Depresi? (Bagian 2)

By , Minggu, 8 Juni 2014 | 16:00 WIB
Apa Yang Harus Kita Lakukan Ketika Mengalami Depresi? (Bagian 2) (cewekbanget)

Ketika merasa diri kita sedang mengalami depresi, kita enggak perlu khawatir. Banyak kok cara untuk mengatasi depresi yang kita alami.

Remaja adalah mahluk yang paling rentan untuk mengalami depresi karena jiwa yang masih labil dan gampang terpengaruh oleh tekanan dari luar. Dan bukan berarti ketika kita bebas dari depresi, kita enggak akan mengalaminya lagi. 

Rasa depresi itu bisa 'kambuh' kapan saja ketika kita mulai merasa tertekan. Maka itu Dina Dwiartanti, M.Psi., Psi., psikolog dari Seven Consulting mau kasih kita solusi untuk mengatasi depresi.

Siapa bilang cuma yang sakit secara fisik aja yang bisa dirawat di rumah sakit? Ternyata rawat inap juga bisa jadi pilihan untuk menanggulangi depresi. Selama di rumah sakit kita akan berada di bawah pengawasan dokter psikiatri. Tapi biasanya rawat inap ini diberlakukan untuk yang tingkat depresinya sudah parah dan perlu pengawasan ketat dari dokter.

Kemungkinan untuk mengalami depresi lagi dan lagi itu ada. Agar hal ini enggak terjadi pada kita, kita harus memulai pola hidup yang sehat dan tetap aktif secara sosial (misalnya dengan ikut ekskul di sekolah, menjalankan hobi, hangout bareng teman-teman, quality time bareng keluarga).

Kita juga perlu belajar untuk lebih fokus pada hal-hal positif dalam kehidupan kita. Selain itu, mendekatkan diri kepada keluarga juga bisa menjauhkan kita dari depresi karena adanya dukungan positif dari mereka.

Kalau kita merasa lagi mengalami depresi, kita bisa menghubungi yayasan-yayasan berikut untuk konsultasi. Mereka siap untuk membantu kita!