Nasehat Orangtua Yang Sangat Berguna Untuk Kita

By Marti, Minggu, 11 Mei 2014 | 16:00 WIB
Nasehat Orangtua Yang Sangat Berguna Untuk Kita (Marti)

Orangtua kita memang sering menasehati kita dalam hal apapun. Mereka memberikannya pada banyak hal untuk bekal hidup kita. Walau kadang kita merasa kesal sering dinasehati, ternyata perkataan mereka banyak berpengaruh saat kita membutuhkannya. Beberapa cewek mengaku kepada Onyit, nasehat terbaik orangtua dan apa pengaruhnya bagi mereka.

Beberapa cewek yang ditanya soal nasehat orangtua mengaku hal yang sama. Orangtua mereka menasehati seperti ini. Karena nasehat ini kita akan terbantu bersikap dan memperlakukan orang dengan baik. Nasehat ini juga terbukti mengurangi resiko bullying. Karena cewek yang sering ingat perkataan orangtua mereka soal memperlakukan orang lain, mereka mencoba memposisikan dirinya saat di bullying. Semarah atau sefrustasi apapun kita terhadap orang lain, kita tetap berusaha menyelesaikannya dengan baik.

Banyak hal yang membuat kita merasa bersalah, padahal belum tentu benar. Karena pola pikir seperti ini banyak remaja terjebak dan merasa depresi pada kehidupannya. Sebaiknya berhenti menyalahkan diri sendiri. Kalau memang kita melakukan kesalahan, minta maaf dan move on. Jadi diri yang lebih baik dan ubah segala sikap buruk. Hidup enggak pernah berjalan semulus jalan tol girls. Dan kita harus bisa bersikap dewasa menerima segala kekurangan dan masalah dalam hidup kita. Jangan bersikap sebagai korban satu-satunya di dunia ini.

Enggak semua orangtua, sahabat atau pacar punya materi cukup untuk memberikan apa yang kita mau. Kalau orangtua kita belum mampu membelikan hp atau laptop keren tapi membelikan tipe lain, hargai. Walau enggak menyukainya coba berusaha menerimanya dan ucapkan terima kasih. Bayangkan seseorang yang memberikan kita hadiah, dia rela mengumpulkan uang dan waktu buat kita. Berarti bagi dia kita adalah seseorang yang spesial.

Sejak kecil orangtua kita mengajarkan menyapa dan menghormati orang lain. Apabila mengunjungi atau dikunjungi orang lain, kita melakukan ritual cium tangan atau menyapa dan berkenalan. Semakin besar, kita merasa malas saat melakukan hal ini. Kalau ada yang datang, buru-buru masuk kamar dan bersikap cuek. Padahal girls, ini sikap enggak sopan banget di mata tamu keluarga kita! Orangtua kita pasti pengin membanggakan anaknya di hadapan orang lain. Coba deh, kalau ada tamu dengarkan baik-baik dari jauh apa yang mereka katakan soal kita. Pasti orangtua kita akan memceritakan kehebatan anaknya. Seperti kecantikan, prestasi kita di sekolah, hobi dan jauh banget dari cerita negatif.

Saat bermain dengan sahabat kita semasa kecil, Mama kita pasti sering menasehati kalau kita melakukan hal jahat ke sahabat kita. Mereka juga mengajarkan kita minta maaf dan bermain dengan menyenangkan. Nasehat ini terus ada dalam pikiran kita. Walau terkadang kita malas mengingatnya dan memperlakukan orang lain dengan buruk. Siapa sih yang mau ada diposisi diperlakukan jahat? Ayo coba berpikir positif dan terbuka. Kita akan menikmati hidup lebih baik dari apapun yang ada di dunia ini.