4 Hal yang Harus Kita Ingat dan Lakukan Ketika Dilabrak Kakak Kelas

By Marti, Kamis, 10 Agustus 2017 | 01:30 WIB
4 Hal yang Harus Kita Ingat Ketika Dilabrak Kakak Kelas (Marti)

Duh, akhir-akhir ini merasa enggak nyaman berada di sekolah gara-gara kita suka jadi 'incaran' kakak kelas?

Setiap jalan di depan kelas para senior, kita jadi incaran dilabrak sama mereka. Tapi, tenang aja, girls.

Kita bisa menghadapi perilaku senior ini dengan beberapa cara halus. Ini dia hal-hal yang perlu diingat saat dilabrak kakak kelas!

Enggak perlu peduli anggapan teman lain yang bilang kalau kita pengecut dan enggak berani mempertahankan pendapat. Karena bagaimana pun, mereka adalah kakak kelas atau orang yang lebih tua dari kita.

Tentunya, kita harus tetap menghormati mereka. Jadi, saat kita dilabrak yang perlu diingat adalah jangan melawan. Tahan emosi dan sebisa mungkin jangan memancing suasana jadi lebih panas. Bersikap tenang dan diam bukan berarti kita kalah.

Daripada melawan dengan penuh emosi, lebih baik kita bertanya apa kesalahan kita. Enggak ada salahnya buat nanya apa kesalahan kita sama kakak senior sehingga mereka mem-bully kita. Dari situ, siapa tahu kita jadi bisa lebih mengenal mereka dan mereka pun jadi lebih mengenal kita. Ungkapan tak kenal, maka tak sayang pun jadi sangat berlaku. He-he-he.

(Baca juga: Sempat Gagal & Ingin Berhenti Kuliah, Cewek Ini Jadi Progammer di Kemkominfo RI)

Nah, kalau ternyata kita memang pernah melakukan kesalahan sama kakak kelas, kita harus berbesar hati untuk meminta maaf. Jangan sungkan atau gengsi untuk meminta maaf sama kakak kelas karena bagaimana pun kalau kita melakukan kesalahan kita harus berani untuk mengakui dan meminta maaf.