Cari Beasiswa Kuliah di Korea (Bagian 1)

By , Minggu, 27 April 2014 | 16:00 WIB
Cari Beasiswa Kuliah di Korea (Bagian 1) (cewekbanget)

Kecintaan kita sama Kpop atau hallyu wave lainnya pasti bikin kita pengin main ke sana buat wisata sambil fangirling. Tapi kalau bisa kuliah gratis di sana sambil sekalian fangirling, kenapa enggak? Ini dia panduan mencari beasiswa kuliah di Korea.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di Korea, jelas kita harus rajin mencari info di situs kedutaan, organisasi pendidikan atau universitas yang bersangkutan. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang berbagai universitas yang ada di Korea.

Prioritaskan universitas negeri, karena biasanya lebih banyak menyediakan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Pahami baik-baik jurusan yang dimiliki, apa yang dipelajari, dan akreditasinya. Pertimbangkan juga lokasi kampus. Ini dia beberapa beasiswa S1 yang bisa kita ikuti:

Bisa disebut beasiswa paling bergengi dari pemerintah Korea Selatan. Program ini bernama KGSP (Korean Government Scholarship Program. Penyelenggaranya adalah organisasi pendidikan pemerintah Korea Selatan, yaitu NIIED (National Institute for International Education). Indonesia mendapat jatah dua orang setiap tahunnya. Pendaftaran biasanya dibuka Maret - September, untuk masa kuliah tahun berikutnya.

 

Ini adalah beasiswa penuh yang seluruh biayanya ditanggung pemerintah Korea. Mulai dari transportasi, biaya kuliah, sampai uang saku sebesar 800.000 won (Rp6,4 juta) perbulan. Kita juga dibiayai belajar bahasa Korea dulu selama satu tahun. Ada 51 universitas yang terdaftar dalam program ini, di antaranya Seoul National University, Dongguk University, Sung Kyun Kwan University dan lainnya.

 

studyinkorea.co.kr, niied.go.kr/eng/index.do, www.indonesiaseoul.org