Tips Memilih Musik Untuk Membantu Belajar

By , Selasa, 4 April 2017 | 12:00 WIB
Tips Memilih Musik Untuk Membantu Belajar (cewekbanget)

Belajar sambil dengerin musik, yuk, supaya mood kita makin oke dan materi-materi pelajaran juga lebih gampang dicerna.

Musik dapat membantu kita dalam belajar, lho, girls. Enggak cuma meningkatkan suasana hati, musik juga bisa menenangkan pikiran kita sehingga enggak terlalu gugup menghadapi ujian. Suasana hati yang bagus ini akan berdampak positif juga buat otak kita.

Tapi, enggak semua lagu cocok untuk menemani kita belajar. Kita harus bisa memilih musik yang tepat yang sesuai dengan materi pelajaran yang sedang kita pelajari. Ada beberapa genre tertentu yang ternyata bisa bikin kita lebih semangat mencerna pelajaran sesuai bidang studinya.

Hal ini didukung oleh sebuah studi psikologi di Inggris oleh Dr. Emma Gray. Penelitian itu bilang kalau kita mendengarkan genre musik yang tepat, musik akan benar-benar bisa meningkatkan kemampuan otak dalam belajar. "Untuk mata pelajaran logika, seperti matematika, musik harus bisa menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Sementara untuk mata pelajaran kreatif, musik harus bisa merefleksikan emosi," papar Dr. Emma Gray.

Sudah siap untuk mengatur playlist belajar kita? Ini dia contekannya!

MATHS.

Lagu-lagu klasik membuat kita dapat berpikir lebih jernih karena irama musiknya yang menenangkan otak. Musik klasik membuat detak jantung dan kerja jantung kita lebih rileks. Bikin kita menikmati irama lagu dengan tenang. Begitu badan kita rileks, pikiran pun akan rileks. Makanya, kita akan lebih mudah konsentrasi kalau dengerin musik-musik klasik. Belajar buat matematika, fisika, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan angka akan sangat cocok kalau ditemani lagu-lagu klasik.

1. Mozart - Piano Concerto No. 21

2. Beethoven - Fur Elise