5 Kebiasaan Belajar yang Bikin Nilai Ulangan Jelek

By , Selasa, 24 Desember 2013 | 16:00 WIB
5 Kebiasaan Belajar yang Bikin Nilai Ulangan Jelek (cewekbanget)

Duh, besok ada ulangan matematika! Tapi, rasanya banyak banget godaan buat melakukan hal lain daripada belajar buat ulangan. Hal-hal kayak gini yang bisa membuat nilai ujian kita jelek, girls. Mulai dari rasa malas, menunda-nunda sampai sistem kebut semalam bisa bikin belajar kita jadi enggak maksimal.

Kalau materi buat ulangan enggak begitu banyak, sistem kebut semalam masih bisa kita lakukan. Nah, masalahnya materi buat ulangan kali ini lumayan banyak dan sebagian enggak kita mengerti, sudah jelas kita enggak bisa mempelajarinya dalam semalam. Hasilnya, kita enggak bisa mendapatkan nilai yang maksimal dalam ulangan kali ini.

 

Niat awal kita mau belajar sungguh-sungguh buat ulangan besok. Kenyataannya, kita malah keasyikan belajar sambil melakukan hal lain. Mulai dari keseringan melihat handphone, buka Twitter, sampai bolak-balik ngambil cemilan buat menemani belajar. Duh, mendingan jangan cari-cari alasan buat multitasking. Belajar jadi enggak maksimal gara-gara ini.

 

Buat mencari suasana baru, kita memutuskan buat belajar di luar rumah. Berhubung suka banget sama cappuccino di kedai kopi favorit, kita kepengin belajar di sana. Ternyata, kedai kopi lagi penuh-penuhnya dan belajar jadi enggak konsen. Kita perlu memilih lingkungan yang tepat buat belajar, salah-salah bisa bikin kita susah berkonsentrasi kayak kasus tadi. Ujung-ujungnya enggak belajar, deh.

 

Kita merasa sudah memahami sebagian besar bahan ulangan, jadi kayaknya membaca ulang sudah cukup. Meskipun begitu, terkadang membaca ulang saja enggak cukup. Kita perlu memahami isi bacaan pelajaran itu. Kalau cuma dibaca, belum tentu pelajaran itu masuk ke dalam pemahaman kita, girls.