4 Kegiatan Terinspirasi Kartini

By , Minggu, 20 Oktober 2013 | 16:00 WIB
4 Kegiatan Terinspirasi Kartini (cewekbanget)

Meski sekarang jamannya sudah berbeda jauh, sikap dan pemikiran positif R. A. Kartini bisa jadi inspirasi kita untuk mengembangkan diri. Pastinya dengan cara-cara yang modern, dong!

Setelah lulus SD, orang tua Kartini enggak membolehkannya melanjutkan sekolah, malah dipingit sambil menunggu dinikahkan. Biar enggak sedih, Kartini pun mengumpulkan buku-buku pelajaran, buku ilmu pengetahuan lainnya, hingga surat kabar untuk kemudian dibaca di taman rumahnya sambil ditemani pembantu. Akhirnya Kartini jadi hobi banget baca setiap hari. Hasilnya, pemikiran Kartini pun semakin terbuka dan maju, khususnya tentang cewek. Hingga mendorongnya untuk memperjuangkan nasib dan hak cewek Indonesia agar bisa mendapat pendidikan setara cowok.

Sekarang ini bacaan banyak sekali jenisnya dan mudah banget diakses. Mulai dari buku pelajaran, novel, majalah, surat kabar, komik, cerpen, hingga artikel di berbagai website atau blog. Enggak ada salahnya kalau kita membiasakan membaca setiap harinya. Sama halnya dengan Kartini yang pemikirannya semakin pintar dan terbuka, kita pun bisa mendapatkan efek yang sama. Wawasan dan pola pikir kita pasti akan jauh lebih kaya. Apalagi membaca sekecil apa pun asal dilakukan setiap hari, bisa meningkatkan fungsi otak agar lebih maksimal.

Selain membaca, Kartini juga rajin menulis surat kepada teman-temannya di Eropa. Surat-suratnya bercerita tentang kondisi cewek di Indonesia yang dikungkung adat sehingga enggak bisa menuntut ilmu untuk jadi pintar dan maju serta keinginan kerasnya untuk mengubah itu. Karena begitu inspiratif, surat-surat ini pun dibukukan. Setidaknya sudah ada enam buku, salah satunya yang paling hits adalah Habis Gelap Terbitlah Terang. Setelah dibukukan, tulisan Kartini ini berhasil mengubah pemikiran banyak orang Eropa dan Indonesia sendiri tentang perempuan pribumi di Jawa.

Sekarang ini, kegiatan menulis yang gampang adalah menulis blog. Tahu sendiri dong kalau sekarang banyak banget blogger-blogger cewek yang terkenal karena menghasilkan tulisan keren dan inspiratif di blog mereka. Kita juga bisa menuangkan pemikiran dengan menulis cerpen, novel atau buku lainnya, terus coba mengirimkannya ke majalah atau penerbit. Siapa tahu bisa dapat kesempatan untuk diterbitkan. Jadi dari pada memendam pemikiran, ide, dan pengalaman yang kita punya, lebih baik dituliskan, dong. Siapa tahu bermanfaat buat orang lain.