Tradisi Ulang Tahun di Berbagai Negara (2)

By , Selasa, 14 Mei 2013 | 16:00 WIB
Tradisi Ulang Tahun di Berbagai Negara (2) (cewekbanget)

Hari ulang tahun, hari saat kita jadi orang paling spesial sepanjang hari. Biarpun spesialnya sama, tiap negara punya cara masing-masing buat bikin hari kelahiran mereka jadi lebih spesial.

 

Saat menginjak usia ke-15, cewek-cewek Spanyol bakal mendapatkan perayaan khusus yang unik. Namanya The Quinceañera. Perayaan ini adalah simbol yang menyatakan si cewek udah memasuki fase hidup baru yang lebih dewasa. Enggak tanggung-tanggung, saat pesta, sang birthday girl bakal mengenakan gaun yang, asli, niat banget. Saking niatnya, jadi agak mirip sama gaun pengantin, hi hi hi... Berasa Cinderella satu hari, nih.

Entah cuek atau apa, tapi penduduk Vietnam enggak tahu hari ulang tahun mereka sendiri. Di sana, mereka cuma tahu kalau ultah dirayakan bareng pas malam tahun baru. Tapi memang tradisi mereka mengajarkan hari lahir itu enggak terlalu penting, dan enggak ada. Tapi apa enggak repot, ya? Masa satu negara kembaran semua tanggal lahirnya. Hi hi hi...

Emang jahil-jahil banget, nih, orang Italia, mereka punya kebiasaan menarik kuping orang-orang yang sedang berulang tahun. Enggak tanggung-tanggung, jumlah tarikannya disesuaikan persis dengan umur orang yang lagi ulang tahun. Kalau masih di bawah sepuluh tahun, sih, enggak terlalu masalah, ya, tapi kalau udah tua kasihan juga ya, sakit, tuh...

Piñata itu properti wajib buat merayakan ultah di Mexico. Tanpa benda satu ini, acara dijamin bakal garing. Biasanya piñata dibuat dari bahan sejenis kertas yang dibentuk jadi aneka macam bentuk binatang. Nah, benda ini lalu digantung menjuntai ke bawah, biasanya dari pohon atau atap rumah. Yang bikin seru, di dalam piñata bakal diisi dengan hadiah. Terus kita diwajibkan untuk memukul keras-kerasa piñata tersebut sampai pecah. Asyik banget, nih, buat dicoba. Melampiaskan emosi, plus dapat hadiah.