Tips Pintar Belanja Online

By , Minggu, 12 Mei 2013 | 16:00 WIB
Tips Pintar Belanja Online (cewekbanget)

Sekarang memang zamannya serba online. Enggak cuma wawasan dan komunikasi saja yang bisa didapatkan secara online, hal lain termasuk kebutuhan barang-barang juga sudah tersebar di setiap sudut internet.

Sesuai dengan data survey gramedia majalah dan terhadap 3.000 pembaca cewek, transaksi jual-beli di internet yang paling sering dilakukan oleh cewek adalah; mengaku pernah membeli , membeli baju atau lainnya, membeli , membeli , dan membeli . Bahkan ada juga lho yang membeli melalui situs di internet sebanyak .

Situs jual beli kini sudah sangat banyak, mulai dari toko-toko kecil yang menggunakan fasilitas media sosial untuk mempromosikan produknya, hingga situs besar yang menyediakan tempat untuk para penggunanya melakukan transaksi jual beli.

Selain lebih mudah, belanja online juga penuh dengan resiko lho girls! Jangan sampai kita tertipu dan malah jadi rugi. Yuk, pelajari cara pintar yang bisa jadi referensi saat belanja online!

Usahakan belanja pada situs resmi yang sudah terpercaya. Biasanya situs-situs resmi yang aman, url-nya akan diawali dengan 'https://...', huruf 's' melambangkan secure atau aman. Selain itu, pada bagian bawah browser-nya biasanya terdapat lambang gembok terkunci.

Jika lebih suka untuk berbelanja pada toko yang menggunakan media sosial, pastikan toko ini terpercaya. Jangan mudah percaya pada review 'pembeli' yang diberikan oleh toko tersebut. Coba cari sendiri review mengenai toko tersebut di mesin pencari, siapa tahu kita menemukan komentar pembeli yang 'sebenar'nya.

Selain mencari komentar asli, boleh banget nih kita meneliti eksistensi perusahaan atau benar/tidaknya nomor kontak yang tertera pada akun toko tersebut. Kalau memang akun tersebut hanya menipu, biasanya nama perusahaan serta nama kontaknya pun akan palsu. Boleh juga dilengkapi dengan bertanya langsung kepada pembeli-pembeli sebelumnya terlihat berkomentar pada akun toko tersebut.

Selain memeriksa akun tokonya, kita juga harus yakin dengan layanan pengiriman barang yang digunakan oleh toko tersebut. Jangan mau kalau asal disuruh transfer uang, periksa dulu layanan pengiriman apa yang akan digunakan. Usahakan si penjual menggunakan layanan pengiriman yang mempunyai situs resmi terpercaya dengan biaya yang jelas. Pilih layanan yang bisa nge-track barang kirimannya.