Kebiasaan Baik Satu jam Sebelum Tidur

By , Kamis, 18 April 2013 | 16:00 WIB
Kebiasaan Baik Satu jam Sebelum Tidur (cewekbanget)

Di malam hari ada hal-hal yang harus dibiasakan, biar tidur kita nyenyak, bangun segar, dan ketemu gebetan (di dalam mimpi) pun gembira. He-he-he.

Matikan total semua alat elektronik seperti komputer, radio atau telivisi. Hape bisa ditaruh jauh-jauh dari kita, biar tidur enggak terganggu. Dalam penelitian Lighting Research Center (LCR), cahaya benda-benda elektronik bisa menyebabkan penekanan melatonin (bahan kimia dalam tubuh yang mengontrol jam alami di tubuh kita). Bisa-bisa, resiko diabetes dan obesitas meningkat.

Seharian beraktivitas bikin kita lelah, pijat telapak kaki lima menit aja sebelum tidur. Selain memperlancar peredaran darah, pijat kaki bisa menghilangkan stress, sakit kepala dan susah tidur.

Mandi air hangat memperlancar sistem peredaran darah ke otak. Selain membersihkan pori-pori yang tersumbat, mandi air hangat juga menghilangkan pusing, memperbaiki kesehatan organ jantung dan sangat menenangkan.   

Setelah mandi, pakai lotion biar kulit kita terjaga kelembabannya. Karena selama tidur di malam hari, kita akan kehilangan cairan tubuh. Selain itu, wangi lotion favorit kita bikin nyaman.

Meski kita tidur, kuman itu tidak tidur. Justru aktivitas kuman meningkat 2 kali saat kita tidur. Air liur memang berfungsi sebagai antiseptik alami mulut, namun fungsi itu berkurang  saat tidur. Rajin menggosok gigi sebelum tidur menghindarkan kita dari bau mulut, radang gusi dan pembentukan karang gigi.