Jurusan Kuliah Yang Diburu

By , Sabtu, 13 April 2013 | 16:00 WIB
Jurusan Kuliah Yang Diburu (cewekbanget)

Selain cocok sama bakat dan minat kita, ada hal lain yang harus dipikirkan waktu memilih jurusan. Seberapa dibutuhkan, sih, lulusan dari jurusan tersebut? Soalnya, semakin dibutuhkan, semakin besar pula gajinya. Kayak beberapa jurusan di bawah ini, nih...

"Jurusan ini bisa dibilang paling menjamin untuk ke depannya. Prospeknya bagus banget. Kalau masuk major engineering untuk fresh graduate saja kita bisa ditawari Rp6-7 juta. Buat yang kerja di lepas pantai atau off shore, gajinya lebih gila lagi. Bisa 2-3 kali lipat dari engineering." (Naraswari Probowati, 21 tahun, mahasiswi Teknik Perminyakan Universitas Trisakti)

What you'll learn: Belajar mengenai energi bumi. Bagaimana mencari, mengolah, dan memproduksi minyak yang nantinya bisa dijual ke pasaran.

Pelajaran yang menunjang di SMA: Fisika, Kimia, Matematika.

"Indonesia kaya dengan bahan tambang, tapi sayang pekerjanya enggak terlalu banyak. Makanya, kalau masuk jurusan ini, jangan heran kalau banyak dilirik oleh perusahaan pertambangan. Dengar-dengar dari kakak senior yang sudah lulus, gaji untuk fresh graduate saja berkisar Rp5 jutaan." (Fransisca Y. Manopo, 19 tahun, mahasiswi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti)

 

What you'll learn: Penelitian mengenai ada tidaknya bahan galian, kelayakan untuk penambangan, perencanaan penambangan, teknologi penambangan dan teknik pengolahan hasil tambang.

Pelajaran yang menunjang di SMA: Fisika terutama mekanika, Kimia, Matematika, dan menggambar.