Keluhan Menjelang Ujian

By , Senin, 4 April 2016 | 05:00 WIB
Keluhan Menjelang Ujian (cewekbanget)

Menghadapi ujian, atau ulangan, ada banyak kesulitan yang kita rasakan. Siapa tahu beberapa jawaban dari psikolog, Sani B. Hermawan ini bisa membantu kita, girls!

 

"Coba buat . Dalam satu hari, berapa lama kita belajar dan materi apa yang mau kita pelajari. Nah, kalau kita udah buat rencana, kita harus konsisten dan disiplin untuk melakukan rencana tersebut. Jangan lupa seimbangkan waktu belajar dan bersenang-senang.  Bagaimanapun, semuanya harus seimbang, ada waktu harus bermain dan belajar."

"Pusing dengan sekolah itu wajar, kok. Tapi jangan jadi patah semangat untuk terus belajar. Les itu kan sebagai latihan untuk persiapan UN dan ujian masuk PTN. Kalau udah jenuh dan bosan dengan pelajaran, itu berarti sudah waktunya kita bareng teman atau nge-date sama gebetan. Tapi, jangan hanya ingin senang-senang aja dan enggak mau belajar. Kita harus pintar-pintar mengatur waktu. Supaya waktu enggak habis hanya untuk belajar atau hanya untuk bersenang-senang."

"Punya banyak keinginan itu bagus, tapi kalau kita enggak punya rencana untuk mewujudkannya, percuma...  Ada rencana, tapi kita enggak mau melakukan dan pengin langsung lulus aja juga enggak bisa. Makanya kita harus bisa supaya lebih bersemangat dalam mewujudkan apa yang kita inginkan. Untuk mendapatkan hasil memuaskan, kita harus melakukan usaha ekstra."

"Yang penting, kita harus . Dengan sering latihan, kita jadi lebih tanggap dan tahu bagaimana menyelesaikan trik soal itu. Lagipula, kita jadi tahu, soal-soal apa yang paling sering keluar dalam UN tiap tahunnya. Teori harus kuat, latihan juga harus kuat."

"Stres saat ujian itu pasti dialami setiap orang. Kita udah belajar mati-matian, tetap aja panik. Makanya selain persiapan, kita juga harus bisa mengendalikan panik. Sebelum mulai, . Bernapas bisa jadi cara oke untuk menyuplai oksigen ke otak. Berdoa juga bisa membuat kita lebih tenang."