Tips Belajar Efektif

By , Jumat, 12 April 2013 | 16:00 WIB
Tips Belajar Efektif (cewekbanget)

Paling ngeselin kalau udah capek belajar, ehhh tiba-tiba semua ingatan hilang ditelan bumi. Woaaa... Biar kejadiannya enggak kayak gitu, ada resepnya, nih...

Coba deh tulis lagi semua yang udah kita pelajari di sebuah kertas kecil. Eits, bukan buat contekan ya. Menulis bisa membantu kita mengingat materi, sehingga tanpa kita sadari, kita pun jadi belajar dua kali. Flashcards juga memudahkan pas kita pengin mengulang membaca materi di mana dan kapan pun. Gunakan bahasa sendiri dan tulis bagian terpenting dari materi pelajaran tersebut. Biar menarik. kita bisa menggunakan tinta warna warni. Semakin sering mengulang, pasti makin banyak yang kita ingat.

Coba hubungkan rumus dengan hal apa pun yang paling mudah diingat. Misal, rumus massa jenis adalah p=m/v. Kita bisa menghubungkan rumus ini dengan PM yang merupakan singkatan dari perdana menteri. Dengan begitu, kita tinggal mengingat v sebagai volume.  See, lebih gampang kan?

Biasanya, kita paling malas menghapal materi pelajaran yang memiliki banyak cabang. Supaya lebih gampang, kita bisa membuat outline dari materi itu. Dengan cara ini, otak kita bisa lebih mudah mengerti, karena materi udah terstruktur dengan rapi. Misal, untuk pelajaran ekonomi.

sistem ekonomi:

-sistem ekonomi tradisional