11 istilah dalam Dunia Kampus yang Wajib Kita Tahu

By , Senin, 31 Juli 2017 | 03:41 WIB
Buat yang baru pertama kali ngekost saat kuliah, ikuti 4 cara mudah beradaptasi ini (cewekbanget)

Sudah siap masuk kuliah? Sebelum benar-benar siap, yuk dicek dulu apa saja sih yang harus kita tahu 11 istilah dalam dunia kampus yang wajib kita tahu.

Dosen wali? Iya, dosen wali itu adalah dosen yang dipilih pihak kampus sebagai tempat kita berkonsultasi mengenai segala hal yang bersangkutan dengan kuliah. Biasanya setiap kelompok memiliki dosen wali yang berbeda-beda.

Setelah melakukan registrasi ketika melakukan pendaftaran ulang dan melakukan administrasi secara lengkap, kita akan diberikan Kartu Tanda Mahasiswa atau biasa disingkat menjadi KTM. KTM ini berfungsi sebagai tanda pengenal bahwa kita adalah mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

KRS adalah Kartu Rencana Studi. Kartu ini isinya adalah mata kuliah yang akan kita ambil di setiap semester. Biasanya, pengisian KRS harus disetujui terlebih dahulu oleh dosen wali karena harus sesuai dengan kemampuan mahasiswa tersebut.

Satuan Kredit Semester, yaitu bobot studi setiap mata kuliah. Setiap mata kuliah punya SKS berbeda-beda, biasanya 2-3 SKS. Namun, ada yang bobotnya lebih tinggi, yaitu 6 SKS, misalnya skripsi atau mata kuliah wajib.

Kalau di sekolah, biasanya guru memberikan nilai dalam bentuk angka. Tapi, di dunia kuliah, dosen memberikan nilai dalam bentuk huruf. Nilai tertinggi diberikan huruf A. Sedangkan nilai terendah diberikan huruf E.