9 Trik Biar Enggak Boros Lagi

By , Kamis, 21 Februari 2013 | 16:00 WIB
9 Trik Biar Enggak Boros Lagi (cewekbanget)

Mungkin kita sering ya kebingungan gara-gara uang kita mendadak habis atau enggak cukup buat beli baju, sepatu, tas, dan aksesoris yang dipengin. Kalau uterus-terusan gitu, kita enggak akan punya tabungan dong. Makanya mesti pintar-pintar berhemat ya girls.

Buat dua akun tabungan di bank. Yang satu itu adalah tabungan yang benar-benar enggak boleh kita sentuh.  Enggak peduli sebesar apa keinginan kita buat belanja. Enggak usah bikin ATM dari rekening itu biar enggak tergoda untuk ambil uang atau pakai debit.

Biar aman, titip buku tabungan dan ATM sama orang yang tegas, misalnya Mama. Minta mereka buat mempersulit dan tanya alasan yang jelas plus tegas kalau kita pengin ambil uang. Ini bisa bikin kita jadi malas buat belanja.

Biar lebih teratur buat daftar barang-barang yang memang kita butuhkan untuk satu bulan. Tekadkan untuk hanya belanja apa yang ada di daftar. Jangan sampai kita shock di akhir bulan gara-gara uang habis untuk barang-barang yang sebenarnya enggak penting.

Jangan dibiasakan memakai kartu debit atau kredit saat belanja, karena pasti asal gesek dan jadi boros. Karena kita enggak berasa mengeluarkan uang. Kalau kita pakai tunai, jadi lebih terasa saat harus mengeluarkan uang banyak, dan bisa jadi ragu atau batal.

Saat pergi sekolah atau main, usahakan buat bawa uang secukupnya. Perkirakan apa saja kebutuhan kita, dan cukup lebihkan sedikit buat jaga-jaga.  Kalau banyak uang lebih di dompet, kita akan cenderung boros alias gampang banget ngeluarin uang buat jajan atau beli barang engak penting.