Cita-citaku, Jadi Atlet!

By , Selasa, 3 Juli 2012 | 16:00 WIB
Cita-citaku, Jadi Atlet! (cewekbanget)

Seorang teman pernah mengajak main ke rumahnya, dan enggak nyangka dia punya sederet piala perlombaan renang yang tertata rapih di lemari kacanya. Mulai dari lomba antar klub sampai nasional. Menurutnya menjadi soerang atlet merupakan cita-citanya sejak dulu, dan banyak manfaat yang kita dapetin karena menjadi seorang atlet. Apa aja sih?

Gaya hidup sehat

Menurut Journal of Adolescent Health, para remaja melihat profesi atlet sebagai role model mereka. Hal tersebut dikarenakan gaya hidup sehat yang dijalani oleh para atlet, membuat para remaja memilih menjadi atlet. Selain itu juga, aktifitas fisik yang dijalani para atlet membuat tubuh mereka menjadi sehat dan bugar, serta membuat stamina tetap prima.

Kebanggaan tersendiri

Menjadi seorang atlet merupakan sebuah kebanggan. Hasil dari latihan selama 3 tahun akan terbayar dengan gelar juara 1. Tidak hanya membanggakan diri kita sendiri, tapi orang-orang di sekitar kita yang telah mendukung kita dari awal latihan sampai akhir pertandingan. Misalnya keluarga pelatih, teman-teman. Apalagi ketika membawa nama negara, ketika menang tidak hanya atletnya saja yang merasakan bangga yang luar biasa, tetapi seluruh bangsanya juga merasakannya. Seperti Susi Susanti dan Alan Budikusuma peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992.

Kesempatan jalan-jalan

Layaknya seorang artis, atlet juga mempunyai waktu jalan-jalan pada saat pertandingan. Mulai dari dalam negeri sampai luar negeri, para atlet menyambangi tempat diadakannya pertandingan. Kalau menang, kita dapet untung dobel, piala dan jalan-jalan!

Punya teman di negara lain

Saat pertandingan renang antar negara di Eropa selama seminggu, membuat kita mempunyai kenalan atlet dari berbagai negara, kita pun berteman dengan mereka. Berbagai cerita dari masing-masing negara merupakan salah satu pengalaman yang menyenangkan.

Penghasilan sendiri

Atlet itu adalah sebuah profesi, sama seperti karyawan, pemain film, dsb. Otomatis menjadi seorang atlet akan mempunyai penghasilan sendiri alias gaji. Nah, untungnya jadi atlet di masa muda selain koleksi piala, kita juga mendapatkan uang dari hasil jerih payah selama latihan. Puncaknya adalah ketika mengikuti pertandingan dalam skala nasional bahkan dunia. Setiap daerah yang kita bela akan memberikan bonus untuk setiap medali yang kita raih. Contohnya aja I Gede Siman Sudartawa (atlet renang peraih 3 medali emas Sea Games 2011), coba hitung berapa rupiah yang dia dapetin dalam satu event pertandingan.

Beasiswa