My body is a wonderland

By , Rabu, 22 Februari 2012 | 16:00 WIB
My body is a wonderland (cewekbanget)

Kita, , adalah orang yang paling wajib tahu segala hal tentang bagian tubuh kita. Jangan sampai tidak terawat dengan baik. Buat membantu, W sudah menanyakan beberapa pertanyaan kepada Dr Ramona, dokter kandungan yang praktek di klinik IIPA (Indonesian Planned Parenthood Association).

Setelah kanker serviks, kanker payudara adalah kanker kedua yang paling sering menyerang perempuan Indonesia. Supaya bisa tahu sejak awal, kita wajib memeriksa payudara kita, minimal sekali sebulan. Lakukan pemeriksaan pada hari ketiiga setelah haid kita berhenti.

Angkat tangan di depan cermin dan raba payudara kita dengan jari tangan. Dimulai dari ujung bagian luar, tekan payudara kita dengan gerakan meligkar, samapai ke puting. Periksa adakah benjolan di payudara.

Seperti payudara, vagina kita juga perlu diperiksa.

Dengan posisi setengah berbaring, buka kaki kita. Pakai kaca kecil untuk melihat vagina kita. Perhatikan bentuk luarnya. Kan bentuknya agak mirip bibir, tuh, lihat bentuknya simetris atau enggak. Umumnya, memang jarang ada orang yang punya bentuk vagina benar-benar sama. Selain itu, lihat juga warna vagina kita. Vagina yang sehat sewarna dengan warna kulit atau agak lebih tua. Vagina yang kemerahan berarti enggak sehat dan harus diobati.

Vagina kita punya mekanisme buat membersihkan dirinya sendiri. Jadi kita enggak perlu 'mencuci' vagina kita dengan sabun. Soalnya sabun, termasuk juga cairan pembersih kewanitaan, malah bisa membunuh bakteri yang berguna untuk menangkal bakteri-bakteri jahat. Jadi kalau habis buang air kecil, bilas saja daerah kewanitaan kita dengan air dan keringkan dengan tisu.

Karena daki dan keringat, kadang suka muncul kotoran di puting kita.. Kotoran yang terlihat seperti butiran pasir ini bisa dibersihkan dengan sabun pas kita mandi. Atau bisa juga dibersihkan dengan baby lotion dan kapas. Yang penting harus hati-hati, ya, jangan sampai lecet.