5 Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Kita Gampang Ngantuk

By Niken Ari, Selasa, 17 Oktober 2017 | 13:45 WIB
5 Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Kita Gampang Ngantuk (Foto: oprah.com) (Niken Ari)

Sadar atau enggak makanan yang kita konsumsi ada yang bisa bikin kita gampang mengantuk, lho. Kok bisa? Iya karena makanan tersebut enggak mengandung gizi yang seimbang, sehingga kita mudah lelah dan gampang mengantuk. Elisabetta Politi, Nutrition Director dari Duke Diet and Fitness Center in Durham, North Carolina dan Marissa Moore, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics yang dilansir dari oprah.com.

Makanan kaya serat ini ternyata bisa bikin kita ngantuk, girls. Salad, terutama yang berkomposisi brokoli dan selada hanya mengandung 200 kalori. Jumlah kalori ini enggak bisa memenuhi energi kita seharian. Misalnya, kita makan siang jam 12 dan hanya mengonsumsi salad, maka jam 4 sore kita bakalan merasa lapar lagi dan juga mengantuk. Kalau kita tetap mau mengonsumsi salad sebagai makan siang, ganti aja komposisinya. Pengganti brokoli dan selada tadi antara lain jamur, kubis, paprika, dan kangkung. Tambahan lainnya bisa ayam atau buncis.

Susu memang enggak bikin ngantuk, justru malah bikin kita mendapat energi ekstra buat menjalani aktivitas sehari-hari. Tapi, lain halnya dengan keju string dan yogurt. Kedua olahan susu ini justru bikin kita gampang mengantuk. Untuk mengatasinya, kurangi konsumsi keju dan susu di jam-jam kita banyak kegiatan ya, girls.

(Baca juga: Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat di Kelas)

Pisang kaya akan potasium dan magnesium. Kedua kandungan ini berguna banget untuk membantu meredakan otot yang keram. Ada baiknya kalau mengonsumsi pisang di malam hari untuk membantu kita supaya lebih cepat tertidur, terutama jika seharian sibuk dengan banyak kegiatan.

Sama kayak pisang, beberapa jenis kacang-kacangan ini, seperti almond, kacang mete, dan kacang tanah memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Camilan seperti ini cocok bagi kita yang pengin menurunkan berat badan, tapi sayangnya makanan ini bikin cepat mengantuk, jadi sebaiknya jangan dikonsumsi waktu mau belajar, ya.

Cake mengandung banyak gula yang bisa bikin kita gampang ngantuk. Memakan terlalu banyak cake atau makanan yang terlalu manis, selain membuat ngantuk, juga bisa menyebabkan masalah di perncernaan. Nah, meskipun enak, enggak ada salahnya lho kalau kita mulai mengurangi konsumsi gula.