7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Akan Kuliah Online

By Ifnur Hikmah, Rabu, 23 Maret 2016 | 10:08 WIB
Foto: kpop-map.com (Ifnur Hikmah)

Saat ini, sistem kuliah online bisa menjadi alternatif untuk kita. Terutama jika setamat SMA kita langsung bekerja dan berniat untuk melanjutkan kuliah sambil tetap bekerja. Atau jika kita punya banyak aktivitas yang enggak memungkinkan untuk datang kuliah setiap hari. Sebelum memutuskannya, berikut 7 hal yang harus diperhatikan saat akan kuliah online.

(Baca juga: 7 Mitos Salah Tentang Kuliah Online Yang Harus Kita Tahu)

Karena sistemnya yang berbeda dengan kuliah biasa yang kita kenal selama ini, makanya penting untuk mencaritahu seperti apa sistem belajar dan ujian yang ditetapkan oleh universitas tersebut. Dan, satu universitas memiliki sistem yang berbeda dibanding universitas lain. Misalnya Binus yang hanya mengadakan pertemuan dua kali dalam satu semester, atau Universitas Mercubuana yang menggabungkan sistem kuliah online dengan kuliah biasa, atau Universitas Terbuka yang keseluruhan proses belajar berlangsung online, tapi ujian berlangsung tertulis dan pihak kampus bekerjasama dengan institusi tertentu di kota kita sebagia tempat diadakannya ujian.

Entah kita kuliah di Indonesia atau di luar negeri, jam harus diperhatikan. Tentunya, kita harus menyesuaikan jam dengan tempat universitas tersebut berada. “Karena mengikuti jam di London, kadang kuliahnya dimulai tengah malam,” ungkap Nesha, mahasiswa jurusan Natural Science di Open University, London. Begitu juga dengan mengumpulkan tugas. Perhatikan deadline yang diberikan dan sesuaikan dengan perbedaan waktu. Jangan sampai kita kehilangan nilai atau skip kelas karena enggak memperhatikan perbedaan waktu.

Akreditasi merupakan jaminan kualitas universitas tersebut. Makanya, penting untuk memeriksa akreditasi kampus yang menyediakan kuliah online. Lakukan riset tentang kampus tersebut, termasuk program yang ditawarkan, jurusan yang ditawarkan apakah cocok dengan kita, dan dosen-dosen yang mengajar di sana. Ini bisa menjadi acuan bagi kita dalam memilih kampus yang cocok.

(Baca juga: 5 Cara Mencari Jurusan Kuliah Yang Tepat Untuk Kita)

Meskipun kita kuliah secara online, fasilitas yang disediakan juga harus lengkap. Termasuk, bahan ajar mata kuliah yang disediakan dan software yang mendukung kegiatan perkuliahan. Cari tahu juga apakah kita bisa mengakses buku di perpustakaan atau apakah tersedia perpustakaan online.