5 Cara Mudah Belajar & Memahami Pelajaran Ilmu Sosial

By Ifnur Hikmah, Rabu, 7 Februari 2018 | 11:15 WIB
Foto: koreandramafashion.com (Ifnur Hikmah)

Pelajaran ilmu sosial, seperti Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan lainnya memiliki banyak detail yang kadang sulit untuk diingat dan dicerna. Seringkali, kesulitan yang kita alami dalam belajar pelajaran sosial adalah mengingat detail tersebut.

Berikut 5 cara mudah belajar dan memahami pelajaran ilmu sosial yang bisa kita coba.

(Baca juga: 4 Trik Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris)

Belajar dari satu sumber saja kadang membuat kita cepat merasa bosan. Hal ini bisa diakali dengan belajar dari berbagai sumber.

Selain membaca buku pelajaran, kita bisa menonton video atau film terkait topik, mencari penjelasan di internet dalam bentuk yang berbeda seperti penjelasan dalam bentuk infografis, interview dengan tokoh tertentu di bidang tersebut, atau video animasi terkait topik.

Dengan menggabungkan beberapa sumber ini, maka informasi penting akan menempel di kepala dan kita pun jadi lebih paham akan topik tersebut.

Tanya jawab membantu banget, lho, ketika kita ingin memahami sesuatu. Kalau enggak punya teman untuk tanya jawab, kita bisa kok bertanya ke diri sendiri lalu menjawabnya.

Biasakan untuk melakukan ini setiap kali kita selesai membahas satu bab. Buat daftar pertanyaan lalu jawab. Dari sini kita bisa mengukur sudah sejauh mana kita memahami bahasan tersebut.

Biar enggak bosan memahami suatu topik, kenapa enggak dikaitkan dengan hal yang kita suka? Misalnya saat pelajaran Geografi, kita bisa belajar letak Geografi Korea selatan dengan mengaitkannya kepada seleb idola.