Hasil Penelitian Ini Membuktikan Kalau Orang Tua Pasti Punya Anak Favorit

By Aisha Ria Ginanti, Selasa, 5 April 2016 | 12:43 WIB
sumber: all4women.co.za (Aisha Ria Ginanti)

Kadang sebagai anak ada yang suka mengeluh kalau orang tua mereka pilih kasih, tapi orang tua selalu bilang kalau enggak ada orang tua yang pilih kasih. Ternyata hasil penelitian ini membuktikan kalau orang tua pasti punya anak favorit yang paling mereka sayangi.

Dalam jurnal The Science of Us, seorang ilmuwan sosiaologi, Katherine Congar, menemukan bahwa setiap orangtua, ayah dan ibu, pastinya memiliki satu anak yang menjadi favorit mereka.

Conger meneliti perilaku 384 pasangan adik kakak tentang bagaimana orangtua memperlakukan mereka masing-masing. Mereka ditanya tentang ada atau enggaknya perbedaan tentang perlakuan, perhatian, dan kasih sayang, orangtua pada mereka. Penelitian juga mewawancaraii orangtua dari seluruh responden anak, untuk mengonfirmasi orangtua mengenai kecurigaan anak bahwa mereka sering memberikan sikap dan perhatian yang berbeda.

Akhirnya, penelitian menemukan, biasanya orangtua memang memberikan perhatian lebih pada anak sulung. Soalnya perlakuan yang sama enggak dirasakan oleh anak-anak yang lebih kecil. Alhasil, banyak anak yang terlahir sebagai adik merasa kurang diperhatikan. Lalu, sebagian responden, yakni para adik, mengaku orangtua mereka cenderung lebih disiplin dan kurang fleksibel pada mereka.

Penelitian ini juga menemukan kalau enggak ada orang tua yang mau ngaku bahwa mereka punya anak favorit. Tapi, mereka mengakui hal yang berbeda pada peneliti. Sebanyak 70 persen ayah dan 74 persen ibu mengatakan, mereka memang menerapkan sikap, perhatian, dan perlakuan berbeda pada masing-masing anak. (Lusina/)