Tokoh Dalam Novel Yang Cocok Menggambarkan 16 Tipe Kepribadian

By Ifnur Hikmah, Minggu, 15 April 2018 | 08:15 WIB
Foto: bookriot.com (Ifnur Hikmah)

Ada 16 tipe kepribadian menurut Myers-Briggs. Beberapa tokoh terkenal yang muncul di dalam novel memiliki kepribadian yang bisa digolongkan ke dalam 16 tipe kepribadian ini.

Kira-kira, tokoh mana, ya, yang memiliki sifat seperti kita? Berikut tokoh dalam novel yang cocok menggambarkan 16 tipe kepribadian.

(Baca juga: Kuis 16 Tipe Kepribadian)

Karakter: terorganisir, berorientasi pada kelompok, konvensional, tipe pemimpin, dan fokus.

Tokoh novel yang ESTJ: Thresh (The Hunger Games), Vernon Dursley, Dolores Umbridge, Minerva McGonagall dan Hermione Granger (Harry Potter), Cersei Lannister (Game of Thrones), Mycroft Holmes (Sherlock Holmes) dan Peter Pevensie (The Chronicles of Narnia)

Karakter: terorganisir, ceria, terbuka, dan mudah ditebak.

Tokoh novel yang ESFJ: Molly Weasley dan Petunia Dursley (Harry Potter), Rabbit (Winnie the Pooh), Esme dan Carlisle Cullen (Twilight), Sam Dutton (The Perks of Being a Wallflower), Effie Trinket (The Hunger Games), Wendy Darling (Peter Pan), Mia Thermopolis (The Princess Diaries), Alfred Pennyworth (Batman) dan Bilbo Baggins (The Hobbit).

Karakter: santun, mudah tersinggung, pemalu, patuh, dan penyendiri.

Tokoh novel yang ISFJ: John Watson (Sherlock Holmes), Narcissa Malfoy (Harry Potter), Susie Salmon (The Lovely Bones), Steve Rogers (Captain America), Balin (The Hobbit), Samwise Gamgee (The Lord of the Rings).