10 Cara Mengatasi Rambut Megar yang Susah Diatur

By Aisha Ria Ginanti, Rabu, 2 Agustus 2017 | 05:15 WIB
10 Cara Mengatasi Rambut Megar yang Susah Diatur (Aisha Ria Ginanti)

Rambut yang megar dan susah diatur memang bisa bikin kita kesal dan jadi punya bad hair day setiap hari ya. Nah, si rambut megar ini biasanya disebabkan oleh rambut yang kering, untuk itu kita perlu melakukan perawatan khusus agar rambutnya jadi enggak terlalu kering, sehingga enggak terlalu megar dan jadi lebih mudah diatur. Ini dia 10 cara mengatasi rambut megar yang susah diatur.

Miliki Rambut Kuat Bebas Ketombe Seperti Seohyun 'SNSD' dengan Cuka Apel)

 

Memilih sampo yang cocok sangat penting untuk orang yang berambut kering. Pilihlah sampo yang memang dikhususkan untuk rambut kering, yang biasanya punya ekstra pelembab. Selain itu kalau bisa gunakan sampo yang mengandung vitamin E, biasanya tercantum di kemasan. Vitamin E ini bagus banget untuk menutrisi rambut, termasuk memperbaiki rambut yang rusak atau pecah-pecah karena kering. Lalu saat keramas pastikan bilas sampo hingga benar-benar bersih.

Setelah keramas, gunakan conditioner untuk melembabkan rambut. Gunakan conditioner sesuai petunjuk penggunaan di kemasan. Biasanya dioleskan dengan merata di rambut lalu diamkan sekiitar 3-5 menit, lalu bisa. Pastikan bagian ujung-ujung rambut juga terkena conditioner dengan merata, dan hindari memakainya sampai kena akar rambut atau kulit kepala karena bisa bikin mudah rontok dan lepek. Setelah itu bilas sampai bersih.

6 Langkah Ampuh Merawat dan Menata Rambut Keriting yang Wajib Kita Coba!)

 

Air panas memang mungkin lebih nyaman, tapi suhu panas atau hangat pada air itu justru punya efek yang bisa mengeringkan rambut. Yap, air panas cenderung menghilangkan kelembabban yang ada di kulit kepala dan rambut kita. Jadi hindari keramas menggunakan air panas.

Keramas terlalu sering bisa mengurangi kelembapan rambut sehingga pasti jadi kering dan akhirnya jadi megar. Karena itu jangan keramas setiap hari. Kalau rambut kita kering biasa coba keramasa dua hari sehari, tapi kalau kering banget, boleh tiga hari sekali.

Tiru Makeup Minimalis Irene 'Red Velvet' dengan 5 Produk Lokal Ini)

 

Saat hari kita enggak keramas, jangan basahi rambut dengan menggunakan air saja. Soalnya hal ini bisa bikin rambut kita malah jadi lebih megar lagi saat kering. Jadi ikat rambut atau gunakan shower cap saat mandi agar rambut enggak basah ya.