5 Alasan Kenapa Kurang Tidur Bisa Bikin Kita Susah Pintar

By Aisha Ria Ginanti, Senin, 10 April 2017 | 15:00 WIB
Foto: japan-animegif.com (Aisha Ria Ginanti)

Biasa gara-gara banyak tugas sekolah, ngejar belajar untuk ulangn besok, atau mungkin keasikan main socmed dan nontonin video di YouTube kita jadi suka kebabalasan begadang yang lama-lama jadi kebiasaan. Alhasil jam tidur kita pun jadi berkurang cukup banyak, alias jadi kurang tidur. Lebih baik hal ini enggak dijadikan kebiasaan girls, soalnya kurang tidur satu atau dua jam aja ternyata bisa memberi bahaya buruk bagi otak dan pikiran kita. Alhasil kita pun jadi enggak bisa produktif, apalagi saat belajar di sekolah siang harinya, yang akhirnya bikin kita jadi susah pintar, juga, lho. Ini dia 5 alasan kenapa kurang tidur bisa bikin kita susah pintar.

Kurang tidur akan bikin otak dan tubuh kita merasa capek banget. Saat kita lelah karena kurang tidur kemampuan fokus, perhatian dan memori kita dalam bekerja jadi berkurang banget. Alhasil kita jadi sulit untuk mengingat sesuatu yang sedang kita pelajari atau lakukan. Umumnya ini berakibat jadi kita sering melakukan kesalahan-kesalahan sepele.

Berdasarkan riset, kurang tidur bis bikin kita jadi bad bood alias jad bete dan pengin marah atau kesal terus. Bahkan kalau sudah jadi kebiasaan dalam jangka waktu lama, hal ini bisa jadi menimbulkan maslah psikologi yang lebih serius, yaitu anxiety disorders. Alias gampang pani. Kalau sudah begini, jangankan untuk belajar, untuk melakukan hal-hal biasanya aja pasti jadi enggak nyaman, kan.