Penelitian Membuktikan Kita Enggak Perlu Mandi Tiap Hari

By Muti Siahaan, Senin, 23 Mei 2016 | 11:17 WIB
(reelz.com) (Muti Siahaan)

Rasanya aneh enggak sih kalau kita enggak mandi dalam satu hari saja? Tapi sebenarnya kita enggak perlu mandi tiap hari, lho. Karena kebiasaan ini enggak baik untuk kesehatan kita.

Dr Casey Carlos, salah satu dermatologis dari University of California – San Diego School of Medicine mengatakan mandi tiap hari itu enggak baik. Karena sesungguhnya sabun itu digunakan bila kita butuh saja. Kalau tubuh kita sering terkena sabun, efeknya enggak baik bagi kulit kita.

Kalau kulit kita sering terkena sabun akibatnya kulit menjadi kering dan memiliki tekstur yang kasar. Sebaiknya ketika mandi, kita menggunakan sabun pada bagian-bagain tertentu saja. Misalnya di selangkangan ketiak dan kaki.  Hindari banyak mengusapkan sabun pada dada, punggung, kaki dan tangan . Karena pada dasarnya kulit kita memiliki kemampuan untuk membersih secara alami.

Kalau tubuh sering terkena sabun  lama kelamaan produksi minyak di kulit luar kita akan habis. Dan bila produksi minyak berkurang, kulit jadi kering dan mudah keriput. Enggak hanya itu, sabun juga sering membunuh kuman-kuman baik yang menempel pada kulit kita.