5 Fakta Penting Tentang BAB yang Harus Kita Ketahui

By Aisha Ria Ginanti, Sabtu, 28 Mei 2016 | 02:15 WIB
5 Fakta Penting Tentang BAB yang Harus Kita Ketahui. Sumber: dramabeans.com (Aisha Ria Ginanti)

Tahukah kita berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat kita menstruasi kita jadi lebih sering ke toilet? Kita pasti sudah tahu, kopi bisa membuat perut mulas tapi mengapa bisa demikian?

Simak segala hal tentang BAB di sini dengan demikian kita bisa mengukur apakah pola ke toilet kita termasuk normal atau perlu ada yang dikhawatirkan. Ini dia 5 fakta penting tentang BAB yang harus kita ketahui.

Baca juga: 4 Penyakit Dengan Gejala Perut Kembung  

"Rata-rata, orang BAB sekali atau dua kali sehari," kata Felice Schnoll-Sussman, M.D., direktur Jay Monahan Center for Gastrointestinal Health at New York-Presbyterian and Weill Cornell Medicine.

"Tapi banyak orang BAB lebih dari itu." Dan ada juga yang enggak BAB selama satu hari, dua, atau bahkan tiga hari juga enggak mengapa. Singkatnya, jika Anda merasa baik -baik saja, enggak sakit perut, tidak konstipasi, maka Anda tidak perlu khawatir."

Jika setelah makan malam, kita langsung BAB, itu bukan karena kita memiliki sistem pencernaan super-efisien. Sebaliknya, kata Ganjhu, itu lebih seolah-olah saluran pencernaan kita enggak berkembang.

"Buang kotoran tepat setelah makan adalah refleks yang bayi miliki," kata Schnoll-Sussman. Bagi sebagian orang, refleks ini tidak pernah hilang.

Meskipun mungkin enggak ideal, BAB setelah makan adalah normal dan kita enggak perlu khawatir tentang hal itu.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur