Penjelasan Ilmiah Kenapa Cewek Punya Rambut Pubis

By Muti Siahaan, Selasa, 17 Oktober 2017 | 15:00 WIB
(ranchic) (Muti Siahaan)

Setelah kita mendapatkan menstruasi, terjadi berbagai banyak perubahan dalam tubuh kita. Salah satunya tumbuh rambut pubis. Beberapa dari kita sering merasa enggak nyaman dengan adanya rambut di daerah intim kita dan memilih untuk mencukurnya saja. Sebenarnya ada alasan, lho kenapa cewek punya rambut pubis. Dan ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Setiap orang punya rambut pubis, termasuk cowok. Begitu kita menginjak masa pubertas muncul rambut atau bulu di beberapa bagian tubuh, salah satunya di daerah intim.

Sherry Ross MD ob/gyn dari Santa Monica, seperti yang dikutip dari Teen Vogue, bilang, Rambut pubis ini mengandung pheromones atau zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh yang bisa mengirimkan ‘pesan’ terselubuh pada lawan jenis atau  untuk istilah biologisnya, mates (calon yang akan dikawinin). Folikel rambut yang ada dalam tubuh manusia, terutama di daerah pubis, mengandung banyak kelenjar keringat yang bisa menghasilkan pheromones ini. Uniknya, pheromones ini baru bekerja setelah pubertas. Pheromones ini bisa jadi signal atau tanda bahwa seseorang sudah mencapai masa puber dan siap untuk menghasilkan anak. “ Ketika jaman primitif, rambut pubis bisa jadi cara lawan jenis untuk mengetahui kalau seorang cewek sudah berada pada usia reproduksi.”

(Baca juga: Buat yang Pengin Mencukur Rambut Vagina, Perhatikan 7 Hal Penting Ini!)

Fungsi lain dari rambut pubis adalah sebagai penjaga dari kotoran yang masuk ke vagina. Bisa juga berfungsi sebagai bantalan pelindung ketika kita melakukan berbagai kegiatan seperti kegiatan olah raga.

Antara tahun 2002- 2010, sebuah jurnal kesehatan di Amerika mencatat adanya sekiatar 11700 kecelakaan akibat merapikan bulu pubis ini. 335 orang bahkan harus sampai ke UGD . 83% terjadi akibat penggunakan alat cukur. Jadi sebenarnya perlu enggak kita mencukur buku pubis? Ini masalah pilihan. Ada beberapa cewek yang merasa risih atau merasa  tubuhnya enggak bersih kalau ada bulu di berbagai bagian tubuh, mulai dari kaki, tangan, ketiak hingga rambut pubis. Belum lagi begitu banyak trend bikini waxing, makin membuat kita merasa perlu mencukur bulu pubis ini. 

Menurut Dr Ross sebenarnya dari segi kesehatan, kita enggak perlu  mencukur bulu pubis. Kalau rasa enggak bersih yang jadi kekhawatiran kita, cukup dibersihkan dengan sabun dan air. Hati-hati cukup membersihkan pada bagian permukaan dan jangan sampai masuk ke dalam vagina kita. Yang penting juga ketika kita ingin mencukur bulu pubis, lakukan dengan aman dan gunakan alat-alat yang steril.