Kata Dokter, Ini Penyebab Kenapa Remaja Sering Berjerawat

By Aisha Ria Ginanti, Minggu, 14 Agustus 2016 | 14:34 WIB
Makanan manis juga bisa memicu timbulnya jerawat (Aisha Ria Ginanti)

Jerawat memang bisa banget bikin kita kesal, ganggu dan bikin kita jadi enggak PD. Apalagi kalau udah membersar dan sakit atau biasa disebut jerawat batu. Khususnya bagi kita yang lagi di usia remaja ini, kayaknya jerawat betah benget ya muncul. Enggak hanya di muka tapi juga di bagian tubuh lain kayak punggung. Kenapa sih remaja kayak kita sering banget berjerawat? Kata dokter, ini penyebab kenapa remaja sering berjerawat.

“Jadi, penyebab timbulnya jerawat ini ada produksi sebum atau produksi kelenjar minyak, sumbatan, infeksi, dan radang,” ucap dr Eddy Karta, SpKK, seperti yang diberikan oleh kompas.com.

Dia menjelaskan bahwa produksi sebum akan dimulai setelah memasuki masa puber (remaja) dan akan meningkat karena pengaruh hormon. Produksi sebum yang terus meningkat dan berlebihan otomatis menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

Seperti yang dijelaskan oleh dr Eddy, sebum ini sebenarnya enggak jahat. Dia berfungsi untuk memberi minyak pada kulit dan melembabkan kulit. Namun di usia remaja kadang sebum ini berlebihan dan terkena debut, keringat juga bakteri akibat aktivitas yang padat, sehingga menyumbat pori dan akhirnya jadi jerawat.

Cari tahu juga Ini Akibat Buruk Terlalu Banyak Minum Susu Bagi Kecantikan Cewek