5 Tindakan yang Enggak Sadar Kita Lakukan Ini Bisa Bikin Vagina Gatal

By Debora Gracia, Jumat, 11 Mei 2018 | 13:15 WIB
5 Tindakan yang Enggak Sadar Kita Lakukan Ini Bisa Bikin Vagina Gatal (Debora Gracia)

Sebagai cewek, kita harus bisa menjaga kesehatan tubuh terutama juga organ intim yaitu vagina. Menjaga kesehatan vagina enggak susah, seperti kebiasaan mencuci vagina secara baik dan benar setiap mandi.

Meskipun begitu memang ada hal-hal aneh yang terjadi pada vagina, dan hal tersebut wajar banget, klik disini untuk info selengkapnya.

Vagina gatal adalah salah satu keanehan yang sering terjadi. Ternyata ada beberapa tindakan yang kadang enggak sadar kita lakukan bisa bikin vagina gatal:

Sering begadang sehingga kurang kualitas tidur bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga akan mungkin terjadi masalah kesehatan, termasuk infeksi jamur.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat mengganggu kestabilan pH vagina dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan jamur. Akhirnya, bisa berakibat dengan munculnya gatal pada vagina.

Vagina gatal bisa terjadi karena keputihan atau jamur yang bisa tumbuh di sekitar daerah vagina. Ketika vagina terasa gatal, hindari untuk menggaruknya karena akan semakin membuat vagina bertambah gatal.

Menggaruk vagina akan menimbulkan luka dan membuat area selangkangan kita menghitam, parahnya bisa menimbulkan infeksi. Kalau vagina terasa gatal, bersihkan dengan air bersih.

Ternyata, diet bisa menyebabkan vagina gatal. Kalau kita diet tinggi pada makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti gula, tepung putih, permen, cookies, kue, dan soda, bisa bikin vagina gatal dan juga berbau enggak enak.

Alasannya karena kadar glukosa yang tinggi memudahkan jamur lebih mudah menempel pada sel-sel dalam vagina. Kadar glukosa juga bisa kekebalan pada vagina kita.

Sistem kekebalan vagina yang rendah bisa mudah terserang infeksi jamur dan akhirnya timbul rasa gatal.

Apakah kita sering memakai skinny jeans atau pakaian yang enggak mudah terserap keringat? Hati-hati jeans ketat (skinny jeans) atau baju yang enggak mudah menyerap keringat bisa bikin area vagina lembab karena sirkulasi udara yang enggak lancar.

Untuk menghindarinya, kita bisa memakai pakaian yang terbuat dari bahan katun sehingga aliran udara yang lebih baik pada vagina. Cara lain adalah membiasakan untuk selalu mengganti baju dan pakaian dalam setiap habis berkeringat agar enggak bikin infeksi jamur pada vagina kita.