Penting untuk Kita Tahu, Ini Alasan Payudara Sering Terasa Nyeri Menjelang Menstruasi

By Debora Gracia, Rabu, 1 November 2017 | 14:15 WIB
Penting untuk Kita Tahu, Ini Alasan Payudara Sering Terasa Nyeri Menjelang Menstruasi (Debora Gracia)

Menstruasi atau haid adalah perubahan fisiologis yang terjadi dalam tubuh cewek setiap bulan yang dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam tubuh. Menjelang menstruasi dan setelah menstruasi, bisa juga terjadi perubahan yang terjadi pada kulit kita.

Hal yang menjadi bagian dari perubahan hormonal tersebut adalah sebagian dari kita mungkin sering merasa nyeri pada bagian payudara menjelang menstruasi. Ternyata ada penjelasan secara ilmiah yang mendasari hal ini bisa terjadi.

(Baca juga: Mengapa Kita Selalu Merasa Gemukan Saat Menstruasi? Ini Penyebabnya!)

Hormon Estrogen yang Tinggi Saat Menstruasi

Payudara terasa nyeri menjelang menstruasi merupakan hal yang wajar banget terjadi. Dikutip dari health.com,  perubahan hormon yang terjadi pada tubuh kita saat menstruasi adalah tingginya hormon estrogen pada cewek. Hal itu berakibat merangsang pertumbuhan kelenjar susu sehingga menyebabkan rasa nyeri pada payudara.

Rasa nyeri tersebut biasanya terjadi pada bagian atas payudara tapi ada juga beberapa cewek yang merasa nyeri pada bagian samping sebelah ketiak kita. Kita enggak perlu khawatir karena rasa nyeri tersebut akan berkurang setelah kita melewati masa menstruasi.

(Baca juga: 4 Hal Yang Perlu Kita Tahu Tentang Puting Payudara)

Bra yang Enggak Terlalu Ketat

Ada beberapa cara sederhana untuk bisa mengurangi rasa nyeri pada payudara saat menjelang menstruasi. Cara yang paling mudah adalah cobalah memakai bra yang nyaman dan enggak terlalu ketat. Minum air putih hangat secara rutin menjelang menstruasi juga bisa mengurangi nyeri pada payudara kita. Selain itu, kita bisa mengurangi konsumsi garam, kafein, dan makanan yang berlemak seminggu sebelum menstruasi. Rasa nyeri akan berkurang dan menghilang pada hari ketiga menstruasi. Jadi, enggak perlu khawatir ya, girls!

(Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik untuk Mencatat Jadwal Menstruasi)