5 Minuman Alami yang Bisa Kita Buat di Rumah Ini Efektif Menurunkan Berat Badan

By Aisha Ria Ginanti, Selasa, 15 Agustus 2017 | 13:00 WIB
Cobain, yuk! (Aisha Ria Ginanti)

Cewek memang cenderung lebih mudah menimbun lemak atau pun punya metabolisme yang enggak terlalu tinggi, sehingga lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Sebenarnya enggak masalah kalau kita enggak kurus atau langsing, yang penting sehat. Tapi enggak dilarang juga kalau kita pengin menurunkan berat badan agar merasa lebih nyaman dengan tubuh kita.

Intinya yang penting kita merasa nyaman dan sehat. Untuk yang pengin menurunkan berat badan, tentunya enggak sampai berlebihan ya, ada metode alami yang bisa kita lakukan, yaitu dengan minum ramuan yang dibuat dari buah dan rempah yang sehat. (Baca juga: 5 Kesalahan Penyebab Lemak Perut Susah Hilang & Perut Buncit yang Harus Kita Hindari)

Minuman ini bisa membantu mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Caranya adalah, siapkan segelas air putih biasa (suhu ruangan), tambahkan 1/2 sdt kayu manis bubuk dan 1 sdm madu, lalu aduk hingga rata. Minum teratur setiap hari pada pagi hari atau sebelum tidur.

Kunyit asam ini bisa kita temukan di penjaja jamu tradisional keliling bahkan ada minuman yang sudah dikemas dan siap pakai. Tapi bikin sendiri juga gampang kok. Selain punya zat yang bisa menekan nafus makan, minuman ini juga baik dikonsumsi saat kita lagi menstruasi karena bisa mengurangi rasa sakit dan memperlancar menstruasi. Cara bikinnya adalah parut atau blender 250 gr kunyit yang sudah dibersihkan dan 250 gr asam jawa, lalu rebus dengan 1 liter air, dan tambahan 100 gr gula jawa atau sesuai selera. Rebus sampai gula larut, asam mencair tinggal biji dan air menguning dari kunyit. Setelah mendidih beberapa saat, matikan, dinginkan, lalu konsumsi setiap pagi.

Madu ini bisa memberikan kita energi tapi enggak memberi kita banyak kalori. Sehingga kita terhindar dari rasa lapar berlebihan. Selain itu, minuman ini juga bisa mempercepat proses metabolisme tubuh. Ambil segelas air, tambahkan satu sendok makan madu murni dan air perasan dari satu buah jeruk nipis. Aduk rata dan minum secara teratur setiap pagi atau malam hari.

(Baca juga: Sarapan dengan Cokelat Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini Hasil Penelitiannya)

Teh hijau sudah sangat terkenal sebagai peluruh lemak dan membantu mempercepat metabolisme juga mengandung banyak anti oksidan yang baik utnuk tubuh. Kita bisa mengonsumsi teh hijau setiap hari baik dalam kondisi panas atau dingin, hanya saja pastikan enggak menambahkan gula ya. Jika ingin manis kita bisa mengganti gula dengan madu murni.

Rebus segelas air dengan 1 sdt teh hijau tubruk hingga mendidih selama beberapa menit, matikan. Dinginkan lalu minum secara teratur setiap hari pada malam hari sebelum tidur atau pada pagi hari saat sarapan. Atau kita juga bisa langsung menyeduh teh hijau celup siap pakai. Minuman ini juga baik buat dikonsumsi sebelum olaharaga karena bisa membantu mempercepat proses pembakaran lemak.

Perpaduan apel dan stroberi bisa banget meningkatkan metabolisme tubuh kita, sehingga mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Blender dua buah apel besar, 200 gr stroberi dan perasan air dari setengah jeruk nipis. Jangan tambahkan gula ya, kalau enggak kuat asam, kita bisa menambahkan satu sendok makan madu. Minum jus ini saat kita merasa lapar sebagai pengganti camilan atau baik juga untuk dikonsumsi saat sarapan.