3 Manfaat Enggak Terduga Dari Tidur Dalam Keadaan Telanjang di Malam Hari

By Aisha Ria Ginanti, Jumat, 20 Oktober 2017 | 13:50 WIB
Bisa bikin kulit halus, lho! (Aisha Ria Ginanti)

Melakukan aktivitas padat seharian bikin tubuh kita merasa lelah dan lemas, apalagi pas sampai rumah. Nah, cara paling benar untuk mengisi ulang tenaga kita adalah dengan mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas di malam harinya. Menurut para ahli, ternyata untuk bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan tidur dalam kondisi telanjang, lho.

Dan masih ada mafaat lainnya dari tidur telanjang di malam hari. Ini 3 manfaat enggak terduga dar tidur dalam keadaan telajang di malam hari yang bisa bikin tidur kita lebih berkualitas.

Keringat yang sering mengalir saat tidur malam meski sudah menyalakan ruangan pendingin membuat kita sebentar-sebentar terbangun. Alhasil, tidur sering mengalami interupsi dan enggak lelap hingga pagi hari.

The National Sleep Foundation menyarankan untuk tidur malam dengan ruangan pendingin di suhu 20 atau 21 derajat celcius. Tidur tanpa sehelai pakaian akan membuat tubuh terasa lebih sejuk. Tapi, pastikan seprai kita terbuat dari bahan katun. Menurut Rachel Salas, M.D., seorang rekan profesor Neurolgy dari John Hopkins Medicine, seprai dari bahan yang berat seperti silk bisa membuat kulit mudah berkeringat.

(Baca juga: 3 Kebiasaan Buruk Sehari-hari yang Memperlambat Metabolisme Sehingga Berat Badan Gampang Naik)

“Baju, apalagi yang ketat dan panas bisa menyebabkan friksi dan iritasi kulit.

Sebab, serat baju tergesek dengan kulit selama kita tidur, sehingga terjadi inflamasi dan iritasi,” jelas Sejalh Shah, M.D, seorang dermatology bersertifikasi.

Jadi tidur tanpa busana, kata Dr Shah, memberikan ruang untuk kulit bernapas dan beregenerasi dengan maksimal.

(Baca juga: 5 Jawaban dari Pertanyaan Tentang ‘Mimpi Basah’ Pada Cewek)