3 Bagian di Alat Reproduksi Cewek yang Wajib Kita Tahu Karena Sering Bikin Salah Paham

By Uswatun Khasanah, Senin, 4 Desember 2017 | 13:20 WIB
Harus paham, biar enggak bingung! (Uswatun Khasanah)

Banyak di antara kita yang berpikir kalau vagina itu adalah alat reproduksi kita, padahal vagina itu hanya salah satu bagian di alat reproduksi kita lho, girls.

Alat reproduksi kita terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsinya masing-masing. Kalau kamu merasa ada bagian yang menonjol, jangan khawatir dulu, mungkin itu hanyalah salah satu bagian dari alat reproduksi.

Di antara beberapa bagian ini, ada 3 bagian di alat reproduksi cewek yang wajib kita tahu karena sering bikin salah paham.

Klitoris merupakan sebuah benjolan daging kecil yang berada di bagian depan dalam bibir besar kemaluan pada alat reproduksi kita. Bagian ini merupakan yang paling peka dari seluruh alat kelamin perempuan.

Klitoris banyak mengandung pembuluh darah dan syaraf, jaringan erektil yang serupa dengan penis milik para cowok.

(Baca juga: 5 Fakta Enggak Terduga Tentang Rambut Vagina yang Mungkin Belum Kita Tahu)

Lubang ini terletak di antara klitoris dan lubang vagina, melalui lubang inilah kita buang air kecil. Beberapa orang berpikir kalau cewek buang air kecil melalui vagina, padahal bukan.

Jika kita tidak menjaga kebersihannya, infeksi bakteri bisa menyebabkan pembengkakan dan membuat kita merasa perih saat buang air kecil.

(Baca juga: Buat yang Pengin Mencukur Rambut Vagina, Perhatikan 7 Hal Penting Ini!)

Mulut vagina, yaitu awal dari lubang vagina, merupakan rongga penghubung rahim dengan bagian luar tubuh. Vagina merupakan organ reproduksi yang berbentuk tabung dengan panjang mencapai 8-10 cm.

Vagina berperan sebagai jalan masuk serta jalan keluar zat dari rahim. Fungsi-fungsi vagina di antaranya adalah jalan masuk bagi sperma, jalan keluarnya bayi dari tubuh cewek saat proses melahirkan, serta sebagai saluran keluar cairan atau darah saat menstruasi.