Kita Enggak Sadar 7 Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Tidur

By Uswatun Khasanah, Jumat, 7 Oktober 2016 | 03:00 WIB
Foto: heftyhannahscloset.wordpress.com (Uswatun Khasanah)

Saat tidur, kita biasanya bermimpi, atau bahkan ga bermimpi sama sekali dan tiba-tiba terbangun meski sudah tidur selama berjam-jam. Namun, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita selama kita tertidur? Ternyata, kita enggak sadar 7 hal ini terjadi pada tubuh saat kita tidur. Meski sedang tidur, tubuh tetap bekerja namun kita enggak menyadarinya. Pernahkah kamu menyadari beberapa hal ini?

Penelitian menemukan bahwa tidur, terutama saat kita mengalami gejala demam dan flu, bisa membantu sistem imun tubuh melawan penyakit tersebut. Hal ini juga berarti kalau kita kurang tidur bisa membuat kita cenderung sakit. Jadi jangan sampai kurang tidur ya, girls.

Kita pikir kita tidur nyenyak semalaman, padahal mungkin sebenarnya enggak. Tubuh kita biasanya akan terbangun rata rata 5 sampai 15 kali dalam semalam. Tapi karena kita biasanya langsung tertidur lagi, kita enggak inget kalau kita sempet bangun.

Siapa yang bilang kalau sering tidur bikin kita tambah gemuk? Tidur justru bagus untuk mengurang berat badan, girls. Tubuh kita kehilangan berat dari air yang keluar melalui keringat dan bernapas melngeluarkan udara lembab. Sebenarnya hal ini juga terjadi pada siang hari, tetapi karena kita makan pada siang hari, jadi berat badannya enggak turun. Kalau kamu tidur hanya lima jam sehari, maka diet dan olahraga apapun enggak akan memiliki efek. Kamu harus tidur paling enggak 7 jam untuk bisa ngecilin lebar pinggang!