Buat yang Sering Gampang Lupa, Ada 5 Trik Supaya Kita Mudah Menghafal Pelajaran

By Sintia Astarina, Sabtu, 14 Oktober 2017 | 14:30 WIB
Akibat terlalu banyak belajar di sekolah mereka jadi enggak sehat dan stres. (Sintia Astarina)

Kebiasaan kita sebagai pelajar adalah belajar satu malam sebelumnya untuk ujian keesokan harinya. Cara ini sebenarnya enggak tepat. Makanya, jangan heran kalau apa yang udah kita baca atau pelajari susah banget untuk kita ingat. Alhasil, nilai ujian enggak sesuai sama yang kita harapkan. Ada banyak cara guna memperpanjang daya ingat kita. Salah satunya adalah menggarisbawahi, meng-highlight kata-kata penting, dan membaca teks berulang-ulang kali sampai hapal. Sayangnya, cara ini kurang efektif, girls. Nih 5 trik supaya kita mudah menghafal pelajaran.

Sesaat setelah kita belajar atau melakukan sesuatu, kita pasti bisa mengingatnya dengan detail. Seiring berjalannya waktu, setelah makin banyak yang dilakukan, dibaca, atau dipelajari, memorik ita lama-kelamaan makin menurun dan enggak akurat. Alhasil, memori gampang banget terlupakan.

Nah, untuk itu, ada baiknya kita tidur seusai belajar. Sebuah penelitian mengungkapkan, pelajar yang tidur setelah belajar selama tiga jam lamanya akan memiliki daya ingat 16% lebih baik. Di sisi lain, tidur bisa menghilangkan stimulus yang bisa saja menganggu apa yang sudah kita pelajari.

Kadangkala, otak kita enggak bisa enggak bisa membedakan mana sesuatu yang nyata mana yang imajinasi. Nah, salah satu cara untuk menyandi informasi dengan efektif adalah dengan  membua suatu visualisasi yang membuat kiya mudah mengingatnya. Seperti contoh, buatlah mind map yang menggabungkan tulisan dan gambar. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengingat sesuatu.

Ada teori yang bilang kalau kita bisa menyimpan sekitar 7 bagian informasi di dalam memori jangka pendek kita. Makanya, enggak heran kalau kita kita kesulitan buat mengingat nomor ponsel sebanyak 12 angka. Maka dari itu, untuk meningkatkan daya ingat, kita bisa membagi informasi-informasi itu menjadi pecahan kecil.

Buat kita yang suka banget belajar terus-menerus tanpa henti, coba deh ambil jeda sejenak selama beberapa menit. Hal ini akan membantu kita meningkatkan konsentrasi. Selain itu, penelitian juga bilang kalay waktu belajar yang efektif itu terjadi dalam waktu singkat, dibanding jam belajar yang panjang. Maka dari itu, kalau besok kita akan menghadapi ujian, jangan belajar semalaman, girls. Seharusnya, kita mencicil materi itu sedikit demi sedikit di beberapa sesi waktu.

Supaya daya ingat kita meningkat, coba deh pikiran sebuah konsep, ide, atau contoh terkait materi yang kita pelajari. Contoh, pas kita lagi belajar soal Geografi tentang gempa bumi, kita kasih contoh real tentang gempa yang pernah terjadi di Indonesia. Jangan lupa kasih tahu detail-detail lainnya seperti mengapa hal itu bisa terjadi dan apa dampak kerusakan yang ditimbulkan.

Nah, dengan merinci sesuatu yang sedang kita pelajari sangat berguna untuk mengingat dengan lebih baik dan detail. Selain itu, teknik ini juga akan membuat materi tersebut ditransfer ke memori jangka panjang.