3 Hal Penting yang Wajib Cewek Ketahui Soal Labia, Si Bibir Vagina

By Sintia Astarina, Selasa, 27 Maret 2018 | 03:00 WIB
Mengenal vagina adalah hal penting buat cewek (Sintia Astarina)

Sebagai cewek, tentu kita berkewajiban untuk menjaga alat reproduksi kita supaya tetap bersih dan sehat. Setelah kita tahu 3 bagian yang ada di alat reproduksi cewek, serta membahas lebih lanjut soal kliotoris pada vagina, sekarang saatnya kita cari tahu lebih banyak soal labia, si bibir vagina.

Dua jenis labia

Nama anatomi yang benar untuk bagian-bagian yang berbeda dari labia adalah labia mayor untuk bagian luar dan labia minor untuk bibir bagian dalam.

Bedanya, labia mayor lebih besar, lebih tebal, berada di bagian luar, dan memiliki lambut. Nah, kedua labia ini sama-sama berfungsi untuk menjaga klitoris serta tempat keluargnya air kencing. (Baca juga: Penting untuk Kita Tahu, Ini 5 Jenis Bentuk Vagina yang Kita Punya. Kamu yang Mana?)

Labia setiap cewek berbeda

Ya, labia yang dimiliki setiap cewek itu emang enggak ada yang sama. Soalnya setiap cewek memiliki warna, ukuran, panjang, dan jumlah rambut yang berbeda-beda.

Nah, bentuk labia sendiri terlihat seperti dua set bibir. (Baca juga: 5 Hal Enggak Perlu Kita Lakukan Pada Vagina)

Dapat mengalami perubahan

Ya, labia dapat mengalami perubahan seiring bertambahnya umur. Yang paling sering terjadi adalah labia akan menyusut karena kekurangan hormon estrogen.

Selain itu, labia jukga bisa menipis saat kita berumur 20-an tahun. Hal ini dikarenakan kita sudah selesai pubertas dan lemak subcutaneous di bawah kulit berkurang, termasuk di daerah alat reproduksi kita, girls. (Baca juga: 3 Tanda Kalau Kita Selama Ini Salah Pakai Sport Bra)