4 Fakta Unik Pemenang Kedua LINE WEBTOON Competition

By Debora Gracia, Rabu, 23 November 2016 | 07:45 WIB
4 Fakta Unik Pemenang Kedua LINE WEBTOON Competition (Debora Gracia)

Ada hal yang menarik ketika mengulik Aditiya Wahyu Budiawan, pemenang kedua LINE WEBTOON Competition di LINE CREATIVATE 2016. Cowok asal Klaten, Jawa Tengah, ini ternyata menyimpan beberapa fakta yang unik. Apa saja sih? Yuk simak!

Anak pertama dari lima bersaudara ini sebenarnya lulusan SMK N 1 Tulungjurusan Internet Jaringan. Tapi Adit, begitu ia disapa, justru jago gambar. Bahkan sekarang ini ia menjadi illustrator di PT Intan Pariwara, salah satu penerbit buku sekolah di Klaten.

Lalu dari mana ia belajar menggambar?

“Saya latihan otodidak. Tak ada yang mengajari. Latihan bila ada waktu luang saja.”

Ketika webtoonnya yang berjudul "Next Door Country" dinobatkan sebagai juara kedua, Adit mengaku sudah merencanakan untuk apa hadiah Rp 30 juta tersebut akan digunakan. “Saya ingin uang itu untuk biaya kuliah. Sisanya untuk tabungan nikah.”

Adit memang sudah lama ingin kuliah karena selepas lulus dari SMK ia langsung bekerja. Saat menjadi pemenang inilah peluang terbuka. Apalagi sang pacar kini statusnya mahasiswi, jadi ia tak mau kalah.

Terus, kapan nikahnya? “Nanti kalau pacar saya sudah lulus kuliah.”

Komik "Next Door Country" konsepnya komik bisu atausilent comic alias komik tanpa teks. Memang komik ini kata Adit belum terlalu populer di Indonesia. “Justru karena itu semoga karya ini bisa menjadi salah satu cara untuk mempopulerkan.”

Menurut Adit, lebih sulit membuat komik tanpa teks dengan komik biasa. “Gambar harus kuat dan bisa bercerita banyak. Ini penting sehingga pembaca paham maksudnya meskipun tanpa teks.”