Gini Cara Membuat Foto Flatlay Kece BUat Blog dan Instagram

By Astri Soeparyono, Rabu, 11 Januari 2017 | 05:49 WIB
Mau bikin foto flatlay? (Astri Soeparyono)

Buat apa foto flatlay? Lucu aja buat foto produk kalau lagi review di blog, dan paling penting, ya buat memperindah instagram biar kekinian dalam arti sebenarnya. Karena flatlay ini kan tren baru setelah #OOTD dan OTD OTD lainnya. Ini dia 5 tips membuat foto flatlay untuk blog dan Instagram kamu, girls!

(Baca juga: 15 Trik Membuat Foto Instagram Yang Bisa Nambah Followers)

Sekarang banyak, tuh, yang jual alas foto buat bikin bikin foto flatlay. Ada yang motif kayu, bata, semen, floral, macam-macam, deh. Lucu sih.. lucu banget! Tapi buat aku, alas foto seharga Rp90 ribu lebih, ya maaf, mending duitnya buat beli kuota internet.

Aku paling suka sama flatlay yang background-nya putih bersih. Entah ya, buat aku jadi keliatan bagus aja. Clean dan elegan. Jadi ya setiap bikin flatlay, background andalanku cuma putih. Tadinya foto di lantai, tapi garis-garis keramik ganggu banget. Pakai kalender bekas yang dibalik, cepet rusak. Meja putih glossy, aku enggak punya. Akhirnya diakalin pake time table, beli di toko buku, Rp15 ribu rupiah aja. Bisa dilap, dicuci, dan enggak gampang rusak. Sisa 75ribunya buat beli kuota internet.

Mau bikin foto flatlay?

Proses fotonya.

Mau bikin foto flatlay?

Hasilnya.

(Baca juga: 5 Penelitian Membuat Foto Instagram Yang Bisa Nambah Followers)

Kalau buat makanan atau resep, yang lagi hits sekarang pakai background kayu terus makananya berantakan gitu. Berantakan sandiwara, soalnya keliatannya doang berantakan, aslinya mah diatur supaya berantakan. Berantakan settingan gitu.

Aku kebetulan punya meja kayu, jadi kalo flatlay berantakan sandiwara makanan, langsung di meja aja enggak pakai bekgron. Ini flatlay resep ayam rempah, yang aku bikin waktu blog sebelah ikut lomba dan KALAH. Muahahahahaha nangis.