Tanpa Kita Sadari 5 Kebiasaan Ini Bikin Tangan Keriput

By Astri Soeparyono, Kamis, 12 Januari 2017 | 04:38 WIB
Enggak mau dong, masih muda tangannya keriput? (Astri Soeparyono)

Tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan yang justru membuat kulit tangan tampak lebih tua dan berkeriput. Ini dia 5 kebiasaan buruk penyebab tangan keriput.

(Baca juga: Kebiasaan Yang Bikin Kulit Kering)

Sabun cuci tangan dengan bahan yang keras bisa membuat kulit tangan menjadi kering. Enggak hanya itu, sabun cuci piring pun turut andil membuat kulit tangan kering dan cepat keriput. Solusinya adalah gunakan sabun cuci tangan dan sabun cuci piring yang memiliki formula yang ringan dan lembut sehingga tangan enggak kering. Selain itu, kamu juga bisa gunakan sarung tangan karet saat mencuci piring untuk mengurangi frekuensi tangan terkena sabun.

Enggak hanya sabun,  tapi tangan yang terlalu sering terkena air juga bisa mengurangi kelembaban alami kulit tangan. Jadi, pastikan kita selalu mengaplikasikan body lotion atau pelembab setelah mencuci tangan atau tiap kali tangan terkena air terlalu lama agar kulit enggak menjadi kering.

(Baca juga: Apa Bedanya Body Lotion, Body Cream dan Body Butter)

Enggak mau dong, masih muda tangannya keriput?

Sunblock itu wajib digunakan. Tetapi enggak jarang kita lupa mengaplikasikan sunblock pada tangan. Padahal tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering terpapar matahari, bersama dengan wajah. Itu sebabnya, tanda penuaan dini biasanya paling jelas terlihat pada kedua bagian tubuh tersebut. Oleh karena itu, pastikan kita selalu menggunakan sunblock pada tangan dan jangan lupa untuk mengulang aplikasi setiap 2-3 jam sekali atau setiap kali terkena air. 

(Baca juga: 5 Kesalahan Besar dalam Memakai Sunblock)