Ketika Sering Ditanya Apa Serunya Nonton Variety Show Korea Seperti Running Man, Weekly Idol, DLL

By Ifnur Hikmah, Rabu, 21 Februari 2018 | 09:09 WIB
Foto: dramabean.com (Ifnur Hikmah)

Ketika Gary memutuskan keluar dari Running Man, banyak yang bersedih. Sebagian besar memang penggemar berat Running Man yang sudah mengikuti mereka sejak lama, sehingga kepergian Gary meninggalkan lobang kosong di hati penggemarnya.

Enggak lama kemudian, giliran Song Ji Hyo dan Kim Jung Kook yang keluar. Belum habis rasa sedih atas kepergian Gary, sekarang kita makin sedih aja. Apalagi ketika ada berita Running Man akan selesai tayang bulan Februari 2017 lalu. Rasanya mau nangis karena enggak ada lagi hiburan yang selalu kita tunggu-tunggu setiap minggu.

Running Man hanya salah satu variety show. Yup, selain Kpop dan drama, variety show jadi salah satu hal yang sering kita ikuti. Ada banyak banget variety show seru yang punya banyak penggemar.

Running Man, Weekly Idol, 1 Night 2 Days, Infinity Challenge, Please Take Care of My Refrigerator, 3 Meals a Day, Law of The Jungle dan masih banyak judul lain. Dan, acara TV ini lumayan punya penggemar yang cukup fanatik, lho.

“Aku suka banget Weekly Idol. Soalnya lucu banget. Games-nya banyak dan seru-seru. Tantangannya juga asyik, apalagi kalau bias aku yang jadi bintang tamunya, suka ngakak sendiri. Aku suka nonton variety show biar enggak bosan, biar bisa makin kenal sama bias, bisa jadi penyemangat belajar juga.” (Nurani Sintia, SMK 28 Oktober 1928, Jakarta)

“Aku lumayan suka banyak variety show, misalnya Running Man, Idol Battles, Weekly Idol, Strong Heart, Infinity Challenge, dan We Got Married. Acaranya tuh menghibur, bisa jadi moodbooster dan kadang nambah wawasan juga. Dikit-dikit bisa ngerti hangul dan ngerti bahasa Korea.” (Ladini Fitriani, SMK 28 Oktober 1928, Jakarta)

Selain Running Man, ada banyak variety show terbaru yang enggak kalah seru buat ditonton. Lihat di sini daftar variety show tersebut.

Umumnya, variety show Korea memiliki cast tetap. Selama beberapa episode yang berlangsung berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dengan cast yang sama membuat kita merasa dekat dengan mereka dan acara ini.

Contohnya Running Man. Fans Running Man memang banyak banget, jadi ketika acara ini berakhir, banyak yang sedih dan enggak bisa terima.

“Aku suka Running Man. Soalnya aku suka alur mainnya dan misi-misinya yang selalu berbeda. Pemainnya juga lucu-lucu dan lucunya itu natural. Yang paling aku suka itu Kwangsoo, entah dia itu terlalu polos atau gimana, jadi suka nontonnya. Pas tahu Running Man udahan, aku sedih, sih. Belum juga lupa pas Gary keluar, eh tiba-tiba ada berita Jihyo sama Jungkook keluar juga dan beberapa hari kemudian langsung ada berita kalau Running Man udahan. Rasanya tuh kayak kita jatuh terus tertimpa tangga. Sakit banget.” (Wilu, 19 tahun, Makassar)

Menyukai acara dari negara lain seringkali memang bikin kita suka dipandang aneh. Suka Kpop, suka nonton drama, bahkan variety show juga. Pandangan ini bikin kita kesal kadang-kadang, apalagi kalau sampai diketawain.

Biasanya, sih, yang komentar adalah orang yang enggak mengerti kenapa kita suka banget sama variety show, bahkan bisa dibilang addict karena selalu nungguin show favorit kita ini.

“Aku sering dapat komentar kayak gini: nonton itu emang ngerti mereka ngomong apa? Kadang aku nonton emang enggak pakai subtitle Indonesia. Malah dibilang enggak cinta Indonesia karena nonton itu,” curhat Ladini.

Rani juga punya cerita yang sama. “Aku suka dianggap aneh karena ketawa-ketawa atau senyum-senyum sendiri. Ya aku ajak nonton aja, sih, biar mereka ngerti kenapa aku sampai ketawa-ketawa sendiri gitu. Kadang ada yang ngerti dan ikut ketawa, tapi yang nge-bully ada juga.”

Hal yang sering dikomentarin adalah perbedaan bahasa. Kebanyakan berkomentar apa kita bisa ngerti mereka ngomong apa? Ditambah lagi, enggak semua jenis variety show bisa disukai semua orang.