Ketika Menstruasi Tembus di Tempat Umum, Rasanya Duhhh... Cewek Pasti Paham!

By Muti Siahaan, Jumat, 23 Maret 2018 | 14:15 WIB
Cuma Cewek Yang Paham Gimana Rasanya ketika Menstruasi dan Tembus (Muti Siahaan)

Ada tamu bulanan yang selalu mendatangi para cewek. Menstruasi. Ketika kita menstruasi rasanya memang serba campur aduk. Mood naik turun dan badan enggak enak.

Paling parah lagi kalau ditambah dengan tembus. Rasanya malu dan panik banget. Cukup banyak teman-teman kita yang pernah mengalami kejadian seperti ini.

Baca juga: 7 kondisi yang mungkin terjadi saat kita menstruasi yang wajib kita tahu

“ Waktu dulu awal-awal baru menstruasi aku pernah nembus. Mungkin karena aku enggak tahu cara pakai yang betul sehingga posisinya enggak pas akhirnya nembus ke rok. Aku panik banget tapi karena tembusnya enggak banyak akhirnya aku tutupin dengan jaket. “

(Ardelia, 21 tahun)

“ Aku lumayan sering tembus kalau lagi dapat. Dulu waktu masih SMP aku sempat tembus dan sialnya lagi pakai rok putih. Aku langsung ke toilet terus minta rok ganti di UKS sekolah. Terus waktu kuliah juga pernah tembus. Waktu itu aku pakai jeans. Sialnya aku baru tahu aku tembus ketika aku sampai di rumah dan itu tembusnya banyak banget. Aku kaget banget karena aku enggak tahu tadi aku udah duduk dimana aja dan mungkin ada tempat yang aku dudukin kena noda. Waktu itu enggak ada teman yang ngasih tahu, mungkin karena aku pakai jeans yang warnanya gelap. Sekarang kalau lagi dapat aku berusaha pakai pembalut yang panjang. Aku juga pernah tembus di depan bukan di belakang. Mungkin karena pakai pembalutnya kurang benar dan aku anaknya enggak bisa diam. ”

( Silsa Dea Suryana, 21 tahun)

“Aku pernah punya pengalaman tembus di sekolah. Tapi enggak banyak sih. Aku terus ke toilet buat membersihkan nodanya. “

(Christina, 16 tahun)

“Aku sempat tembus waktu di sekolah. Teman aku yang ngeliat dan ngasih tahu kalau aku tembus. Lumayan panik juga sih. Untung hanya sedikit bercak dan aku pinjem jaket teman untuk menutupinnya. Kadang kalau tembus gitu yang suka bikin aku khawatir adalah gimana mencucinya. Kalau udah kering atau kelamaan tembus, kan nodanya susah hilang. Apalagi kalau itu rok sekolah.”

(Nadira Anggrika, 16 tahun)

Apa yang Harus Kita Lakukan?

Pasang yang Benar

Tembus sering terjadi kalau kita memasang pembalut asal pasang. Usahakan seluruh permukaan celana kita ketutup oleh pembalut.

Jadi pilih pembalut yang ukurannya cukup panjang. Apalagi kalau menstruasi kita sedang banyak-banyaknya. Misalnya hari kedua atau ketiga. 

Pilih juga model yang ada sayap atau wingnya, sehingga dia bisa membuat posisi pembalut tetap pada tempatnya dan enggak bergerak kemana-mana.

Baca juga: 7 tanda kram yang perlu diwaspadai saat PMS dan menstruasi

Kalau bukan di sekolah dan enggak harus pakai seragam, gunakan baju warna gelap untuk menghindari tembus ini.

Warna hitam dan biru tua adalah warna yang aman dipakai ketika kita sedang menstruasi.

Rajin Ganti