Malu banget! Kepergok Nonton Adegan 17+ Sama Ortu. Gimana nih?

By Muti Siahaan, Sabtu, 25 November 2017 | 11:50 WIB
Malu banget! Kepergok Nonton Adegan Romantis Sama Ortu. Gimana nih? (Muti Siahaan)

Pasti kita senang menonton drama, film komedi romantis, atau film romantis lainnya. Dalam cerita seperti ini biasa banget kalau ada adegan gandegan tangan dan pelukan. Tapi kadang adegan yang ditampilkan lebih dari itu, misalnya adegan ciuman atau adengan untuk usia di atas 17 tahun yang lainnya.

Kalau kita lagi nonton sendirian atau sama teman sih, walau suka malu sendiri, bisa cuek. Tapi gimana jadinya kalau kepergok ortu kita pas ada adegan itu muncul di depan layar televisi. Gimana dong?

“Aku selalu menonton drama (Korea) sama Mama. Malah Mama yang ngajakin aku nonton. Kalau adegan ciuman kadang agak awkward aja walau mamaku biasanya aja dan enggak komentar apa-apa.

Kalau ada adegan di atas 17 tahun atau di tempat tidur gitu malah langsung dicepetin sama aku atau mama. Soalnya aku sendiri enggak suka.” (Shaquilla Adelya Putri, 13 tahun)

“Aku pernah kepergok mamaku pas nonton adegan romantis. Tapi Mama aku sih biasa aja. Malah kadang aku yang suka jealous kalau ada adegan romantis di drama Korea.

Enggak sanggup aja nontonnya. Kalau adegan di atas 17 tahun muncul di layar, aku cepetin aja. Aku enggak mau mengeliat adegan gituan." (Ellen Nur)

(Baca juga: Perhatikan 5 hal penting ini sebelum memilih universitas)

Mengatasi Situasi Awkward

Entah kita yang malu sendiri atau orang tua yang merasa enggak suka ngelihat kita menonton adegan romantis, tapi situasi awkward seperti ini pasti bisa terjadi.

Apalagi kalau kita memang pecinta film atau serial dengan genre drama romantis. Perasaan seperti ini wajar banget.

Karena perasaan ketika menonton adegan romantis apalagi adegan di atas 17 tahun, itu sama seperti perasaan kita ketika secara enggak sengaja melihat teman atau orang lain sedang PDA (public display affection). Enggak banget kan?

Baca juga: Hasil penelitian ini menunjukan orang tua punya anak favorit

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan kalau kepergok seperti ini?

Beruntung banget kalau orang tua kita bukan tipe yang parno dan mengerti kalau kita sedang menonton film apaan. Tapi kalau enggak, kita bisa bilang kita sedang menonton film apa.

Kasih tahu jalan ceritanya. Dan bilang ini bukan film porno atau film untuk 17 tahun ke atas.

Kadang ortu berkomentar melihat adegan yang muncul di layar. Enggak perlu ditanggapi dengan serius atau dijelaskan panjang lebar kalau kita enggak seperti itu.

Ya udah ketawa atau senyum aja. Pasti malu sih, tapi enggak perlu dipikirin terlalu serius.

Mungkin ketika sedang menonton ortu hanya geleng-geleng kepala dan enggak komentar apa-apa. Tapi setelah itu bisa jadi mereka akan membahas lagi kejadian itu.

Nah, ini kesempatan kita soal bertanya soal serius. Terutama yang berkaitan dengan sex education, seperti apa sih itu ciuman atau seks. Pasti agak awkward sih.

Tapi paling enggak kita bisa tahu seperti apa pandangan orang tua soal hal ini. Dan bila orang tua enggak mau menjawab dengan jelas, enggak masalah juga. Kita bisa bisa bertanya lain waktu.

Siapa tahu saat kita bertanya pertama kali, mereka kaget dan enggak punya jawaban yang tepat atas pertanyaan kita itu.