Hindari 10 Kebiasaan Ini Kalau Enggak Mau Wajah Cepat Keriput!

By Indira Natasha, Selasa, 18 April 2017 | 02:43 WIB
foto: luvra magic (Indira Natasha)

Emang sih kerutan itu bakal datang seiring penuaan, tetapi ternyata banyak kebiasaan lain di luar faktor usia yang juga bisa menyebabkan kerutan pada wajah. Enggak mau kan masih muda udah keriput?  Nah, mending kita jauhi deh kebiasan-kebiasaan dibawah ini.

    

Buat yang sering makan permen karet kayaknya bakal mikir-mikir lagi deh buat melakukan kebiasaan ini. Karena ternyata mengunyah permen karet dapat menimbulkan kerutan pada bagian bawah mulut dan mengakibatkan masalah pada struktur mulut. Wah!

                                     

Melihat jerawat yang timbul emang bikin kita gregetan, tapi setiap kita memencet atau menarik kulit kita yang jerawatan, ini hanya akan menyebabkan kerusakan, iritasi, luka dan kerutan pada wajah. Jadi, biarkan aja jerawat hilang dengan sendirinya atau gunakan produk alami untuk menghilangkannya.

Kebiasaan buruk ini biasa terjadi ketika mengaplikasikan makeup pada wajah. Entah itu menarik pinggir mata, mulut ataupun alis. Menggerakkan wajah untuk membantu makeup lebih akurat boleh-boleh saja, asalkan jangan sampai menarik kulit sehingga terlihat datar yang dapat membuat kulit kita menjadi keriput.

Mulai sekarang mending kita jauhin deh yang namanya minuman beralkohol dan bersoda. Karena ternyata alkohol dapat meningkatkan kebocoran pada pembuluh darah, yang mengakibatkan kulit kita kendur, dehidrasi dan berkerut. Sedangkan minuman bersoda dengan kandungan gula yang cukup banyak juga berdampak buruk pada kulit, yaitu dikarenakan sebuah proses bernama glycation yang dapat menyebabkan kolagen menjadi lebih rapuh.

Ikan ternyata bagus banget buat kulit. Lemak pada ikan dapat memperbaharui sel membran, membantunya mempertahankan air agar kulit tetap ternutrisi dan terasa halus. Yuk, mulai makan ikan!

Baca juga: Tanpa Kita Sadari 5 Kebiasaan Ini Bikin Tangan Keriput