Masih bingung menentukan jurusan kuliah? Salah satu jurusan yang bisa kita pilih adalah Ilmu Komunikasi. Di program studi Ilmu Komunikasi, kita bisa memilih dua peminatan, yakni Komunikasi Korporasi dan Komunikasi Pemasaran. Peluang kerja yang bisa didapatkan kalau kita kuliah di program studi Ilmu Komunikasi tuh macam-macam lho! Ini lah 5 peluang karier buat kita yang kuliah di jurusan komunikasi!
Public Relation Officer
Di dalam jurusan Komunikasi Korporasi, kita akan belajar manajemen hubungan masyarakat dan banyak hal mengenai public relations. Public relation officer adalah salah satu pekerjaan yang diminati, karena saat ini hampir seluruh perusahaan membutuhkan public relation. Mereka bertanggung jawab untuk memikirkan strategi komunikasi dari perusahaan ke masyarakat, supaya company tetap memiliki reputasi yang baik. Sebagai public relation kita harus berpikir kreatif, persuasif, serta bisa menyelesaikan masalah dengan baik dan cepat.
Event Organizer
Saat mengorganisir sebuah acara, kita harus membuat perencanaan dan mengeksekusi event dengan baik dan benar. Buat lulusan Ilmu Komunikasi, kita bisa mengeksplor kemampuan problem solving dan strategi perencanaan. Kita bakal setiap hari menghadapi tantangan bagaimana membuat sebuah acara menjadi sukses dan si penyelenggara mendapatkan image yang baik di mata para pengunjung.
Periklanan
Dalam Ilmu Komunikasi, kita dilatih untuk menjadi persuasif. Nah, kemampuan itulah yang dibutuhkan banget buat perusahaan periklanan. Di bidang advertising, kita harus bisa membuat iklan yang menarik, bikin penasaran, dan tentunya bisa mengajak masyarakat untuk membeli produk itu. Menantang dan enggak bakal bikin bosan!
Marketing Communication
Kalau bekerja di divisi marketing communication, kita dituntut untuk menjadikan pemasaran menjadi lebih menarik dan efektif. Caranya adalah dengan menyusun strategi sesuai dengan target pasar si produk atau perusahaan. Kita harus kreatif dan bisa berpikir out of the box!
Media Relations
Perusahaan tuh pasti membutuhkan pemberitaan dari media supaya terlihat lebih terpercaya dan meningkatkan reputasi. Oleh sebab itu, divisi media relations dibutuhkan untuk menjalin hubungan yang baik dengan media. Kita harus paham banget media apa yang cocok untuk perusahaan tempat kita bekerja supaya pesan yang mau disampaikan jadi lebih ngena.
Sudah siap masuk ke jurusan komunikasi?
Penulis | : | Ifnur Hikmah |
Editor | : | Ifnur Hikmah |
KOMENTAR