Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini yang Ternyata Dapat Merusak Rambut Kita

By Indira Natasha, Senin, 30 Januari 2017 | 04:11 WIB
foto: unif (Indira Natasha)

Rambut adalah mahkota yang sangat dijaga keindahannya bagi setiap cewek. Maka enggak sedikit banyak hal atau cara yang rela kita lakukan agar rambut tetap cantik. Malah tanpa disadari, ada juga beberapa cara yang kita anggap dapat mempercantik rambut, tapi malah menyebabkan rambut kita menjadi rusak, seperti menggunakan hairspray atau menggunakan alat styling rambut seperti hair dryer.

Nah, biar rambut tetap indah setiap saat, yuk hindari 6 kebiasaan buruk ini!

Biasanya kita suka malas potong rambut karena ingin tetap terlihat panjang. Nah, potong rambut bukan berarti kita harus memangkas sampai pendek. Rambut memang tumbuh dari akar, tapi jika dibiarkan dan tidak pernah dipotong atau dirapihkan, ujung rambut bisa terlihat enggak sehat bahkan enggak cantik sama sekali. Jadi, biasakan memotong rambut setiap dua atau 3 bulan sekali ya, girls!

Suka banget deh pakai kondisioner, biar rambut selau lembut! Eits tapi ternyata itu enggak sepenuhnya benar, lho. Kondisioner sebenarnya hanya menambah kelembapan pada rambut. Apalagi penggunaan kondisioner yang sering kali salah, karena yang tepat adalah menggunakannya cukup di ujung rambut saja. Kondisioner juga mengandung sulfat yang enggak baik untuk rambut. Para ahli pun lebih menyarankan untuk menggunakan masker rambut sekali atau dua kali dalam seminggu yang ternyata lebih bermanfaat dalam memberi protein dan nutrisi pada rambut.

Mulai dari gaya kepang, ponytail sampai hairbun alias gaya rambut yang dicepol, bisa merusak rambut jika kita mengikatnya terlalu kencang. Rambut juga harus bernafas, girls. Tak hanya itu, jenis ikat rambut juga dapat merusak rambut, seperti ikat rambut karet yang elastis. Lebih baik gunakan ikat rambut yang lebih lembut seperti scrunchies (ikat rambut yang populer di tahun 80an) atau menggunakan pita.

Nah, kebiasaan menyisir rambut ketika masih basah apalagi sehabis keramas juga enggak baik untuk rambut kita. Emang sih, rambut lebih gampang disisir ketika masih basah, tapi lebih baik menunggunya sampai kering terlebih dahulu. Jika kalian masih tetap pengin menyisir rambut dalam keadaan basah, disarankan untuk menggunakan wide-toothed comb atau sisir yang mempunyai jarak gigi yang lebar.

Penggunaan alat styling rambut seperti ketika meluruskan atau mengeringkan rambut juga enggak baik jika digunakan terlalu sering. Jika kita menggunakannya dengan temperatur yang tepat pun bukan jaminan bakal lebih aman untuk rambut kita. So, jangan sering-sering ya, girls!