Kenapa Ada Lagu yang Terus Nempel di Kepala Walau Kita Enggak Suka? Ini Penjelasannya

By Muti Siahaan, Jumat, 3 Februari 2017 | 04:08 WIB
Kenapa Ada Satu Lagu Yang Terus Terngiang-ngiang di Kepala Walau Kita Enggak Suka? Ini Penjelasan Ilmiahnya (Muti Siahaan)

Pernah enggak kita mengalami saat sedang jalan-jalan di mall atau mendengarkan lagu di radio, kita jadi ikutan nyanyi padahal kita sama sekali suka dengan lagu itu? Yang lebih parah lagi, setelah lagu itu enggak terdengar, melodi lagu itu terus terngiang-ngiang dalam kepala kita. Uuuuh kesal banget!

Baca juga: Lakukan 5 Kebohongan Ini Supaya Persahabatan Kuat

Sebuah riset yang dilakukan oleh Durham University menyatakan ada beberapa lagu yang menempel terus di kepala kita. Dan ini sangat dipengaruhi oleh melodinya.  ‘Lagu yang biasanya menempel di kepala adalah lagu-lagu yang memiliki tempo cepat dan ada jeda yang berulang-ulang. Misalnya seperti lagu Bad Romance-nya Lady  Gaga,” jelas Dr Kelly Jakubowski, seorang peneliti dari Durham University. Fenomena ini disebuat earworm.

Setiap orang paling enggak mengalami sekali dalam seminggu peristiwa satu lagu yang menempel di kepala ini. Proses ini akan lebih cepat terjadi ketika kita sedang mandi, berjalan atau melakuan kegiatan-kegiatan rutin seperti membereskan kamar, mencuci piring dan lain-lainnya.

Lagu-lagu dengan melodi sederhana juga sangat berpotensi menjadi lagu yang earworm. Salah satu contoh adalah lagu nursery rhyme atau lagu nina bobo seperti Twinkle Twinkle Littler Star. Lagu seperti ini sangat sederhana dan gampang diingat, makanya dia bisa jadi earworm. Walau kita suka bila sekali saja mendengarkan lagu itu, tanpa sadar kita bisa ikutan bersenandung.

Ini dia lagu-lagu TOP 40 yang termasuk golongan earworm. Jangan kesal ya, kalau tiba-tiba kita jadi menyanyikan lagu ini walau enggak suka:

Bad Romance - Lady Gaga

Can't Get You Out Of My Head - Kylie Minogue

Don't Stop Believing - Journey

Somebody That I Used To Know - Gotye