5 Info Tentang YouTube yang Sudah Bisa Live streaming Lewat Smartphone. Seru!

By Aisha Ria Ginanti, Rabu, 8 Februari 2017 | 05:48 WIB
Han Yoo Ra mencoba fitur mobile live streaming dari YouTube. Seru! (Aisha Ria Ginanti)

Girls, tahu dong kalau sekarang fitur mobile live streaming lagi hits banget. Dan YouTube sebagai salah satu platform video online sudah memiliki fitur itu sejak tahun 2011 lalu. Nah, sekarang fitur live streaming di YouTube ini dibuat lebih seru dan menyenangkan, baik bagi para creator YouTube atau pun kita para subcribers dan penonton. Ini dia 5 info tentang YouTube yang sudah bisa live streaming lewat smartphone. Seru!

Nah, mulai Selasa, 7 Februari kemarin (di Indonesia mulai pukul 21.00), YouTube bikin fitur live streaming ini makin seru dan keren dengan menambahkan kemampuan untuk live streaming langsung dari smartphone. Jadi para creator yang memiliki subscribers 10.000 dan lebih, sudah bisa langsung bikin live streaming dari smartphone mereka.

“Melalui peluncuran ini, kami ingin memberikan kekuatan live streaming kepada lebih banyak tangan-tangan kreatif, agar kreator dapat berbagi pikiran dan kreativitas dengan cara yang spontan, dan lebih dekat lagi kepada penonton mereka,” kata Barbara Macdonald, Product Manager, YouTube.

Untuk para creator yang sudah punya subscribers 10.000 dan lebih, fitur mobile live streaming telah terpasang secara langsung di aplikasi YouTube di smartphone maupun tablet. Creator tinggal membuka aplikasi YouTube, mengetuk tombol capture, dan creator telah live. Video streaming memiliki fitur yang sama dengan video YouTube pada umumnya: dapat dicari melalui rekomendasi playlist dan dapat dilindungi dari pelanggaran hak cipta.

Creator juga bisa mendapat pemasukan dari live streaming. Setelah streaming selesai, video akan secara otomatis tersimpan di channel mereka dan opsi monetisasi dapat diaktifkan. Video mobile live streaming yang tersimpan di channel creator juga enggak akan langsung berstatus publik, jadi creator bisa edit dulu baru kemudian dibuat publik. Durasi video mobile live streaming ini juga sebenarnya enggak terbatas. Hanya mungkin akan terbatas oleh kekuatan baterai smartphone dan kuota data yang digunakan.

YouTube memang sengaja masih membatasi penggunaan mobile live streaming ini untuk para creator dengan subscribers 10 ribu dan lebih. Hal ini dikarena, beradasarkan pengamatan yang dilakukan YouTube selama ini, hanya creator dengan subscriber banyaklah yang lebih konsisten dan rutin dalam melakukan live streaming. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga kualitas kontennya agar tetap baik dan seru. Enggak asal live streaming yang garing dan enggak ada isinya.

Tapi, YouTube juga bekerja sama dengan ratusan kreator untuk menyempurnakan pengalaman mobile live streaming ini. Jadi nanti berdasarkan masukan dari para kreator, pembaruan dan perbaikan telah dilakukan, seperti memperlambat arus live chat serta meningkatkan kualitas streaming untuk beragam perangkat. Jadi bukan enggak mungkin dengan penyempurnaan yang terus dilakukan, fitur mobile live streaming ini nantinya akan bisa digunakan oleh semua creator.