Menurut Science, Cinta Lebih Bikin Bahagia Ketimbang Uang. Benarkah?

By Ifnur Hikmah, Jumat, 26 Januari 2018 | 13:11 WIB
foto: instagram.com.filmgalihdanratna (Ifnur Hikmah)

Ada frasa umum yang sering kita dengar, yaitu uang enggak bisa membeli segalanya. Namun, di dunia materialistik seperti sekarang, frasa itu jadi kurang tepat.

Memang, sih, uang enggak bisa membeli segalanya, tapi dengan punya uang kita bisa membeli hal-hal yang bisa membuat kita bahagia.

Namun, menurut penelitian, katanya cinta lebih bisa bikin kita bahagia ketimbang uang. Benar enggak, ya?

Lihat di sini hal sederhana yang bisa bikin kita bahagia di tahun 2017 ini.

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari The London School of Economics. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa seseorang merasa hidupnya bahagia dan puas dengan apa yang dia miliki bukan karena seberapa banyak uang yang dia miliki atau seberapa terkenal dia.

Melainkan lebih karena kesehatan mental dan hubungan pribadinya dengan orang lain.

Penelitian ini dilakukan terhadap 200.000 orang Inggris. Mereka ditanyakan, dari skala 0-10, seberapa puas mereka dengan kehidupan mereka saat ini?

Peneliti juga memperhatikan faktor lain, seperti latar belakang masa kecil dan keadaan saat tumbuh dewasa.

Termasuk di dalamnya hubungan pernikahan orang tua, kehidupan di sekolah, karir, jumlah pemasukan, dan apakah mereka memiliki penyakit atau gangguan kejiwaan. Semua faktor ini berhubungan dengan tingkat kepuasan dalam hidup.

Akhirnya, penelitian ini menemukan bahwa kehilangan uang bisa menimbulkan rasa enggak puas dalam hidup, tapi mendapatkan uang enggak menunjukkan apa-apa.