Ketika Pacar Enggak Mau Kenalin Kita ke Teman-Temannya. Sebenarnya Kita Dianggap Enggak, Sih?

By Debora Gracia, Minggu, 27 Mei 2018 | 15:15 WIB
Ketika Pacar Enggak Mau Kenalin Kita ke Teman-Temannya. Sebenarnya Kita Dianggap Enggak, Sih? (Debora Gracia)

Rasanya senang banget ketika cowok yang kita suka dan dekat dari lama akhirnya mengajak kita pacaran. Semua berjalan indah sampai akhirnya kita mencapai tahap di mana dia selalu menghindar setiap kita minta ikut kalau dia mau jalan sama teman-temannya.

Dengan berbagai alasan, pacar selalu menghindar. “Nanti kamu bete sendirian di sana, sayang.” atau “Buat apa kenal sama teman-temanku? Enggak penting juga.” atau “Duh, mendingan kamu enggak usah ikut deh.”

Kita terus meminta dan dia terus menolak. Padahal sebenarnya keinginan kita sederhana, yaitu ingin mengenal teman-temannya lebih jauh. Mulai muncul rasa insecure dalam diri kita dan mempertanyakan sebenarnya kita dianggap pacar atau enggak.

Di lain sisi, ternyata enggak selamanya cowok menganggap hal tersebut penting. Pula ada yang menganggapnya penting.

“Tergantung berapa lama pacaran dan seberapa dekat di antara keduanya. Kalau baru-baru pacaran, wajar kalau cowoknya merasa belum perlu mengenalkan ke teman-temannya, karena mungkin masih canggung atau enggak suka kehidupan pribadinya diketahui orang. Tapi misalkan bertahun-tahun pacaran terus cowoknya tetap nutupin, itu sih ada yang aneh.” (Rio, 18 tahun)

“Menurut aku sih, penting. Biar nanti kalau terjadi apa-apa sama aku atau sama dia, kan jadi gampang. Lagipula pacar itu harus tahu dengan siapa saja cowoknya bergaul. Biar dia enggak sering curigaan sama cowoknya.” (Bagas, 20 tahun)

Jadi, sebenarnya dia masih anggap kita pacarnya enggak ya, kalau belum juga dikenalin ke teman-temannya? Atau kita pacaran hanya sebatas status?

Enggak Kenalin Bukan Berarti Menutupi

Ada perbedaan tipis antara pacar enggak kenalin kita ke teman-temannya dan menutupi status pacarannya. Bisa saja kalau enggak kenalin karena belum ada waktu yang tepat.

Atau pacar memang enggak berniat untuk mengumbar tentang hubungannya ke orang lain.

Tapi kalau menutupi, ketika ada teman-temannya yang bertanya, “Eh, pacar kamu mana?” dan lalu dia menjawab, “Belum punya pacar kok.” Nah, itu patut dipertanyakan, girls.

“Menurutku pribadi, enggak penting kenalin gitu. Kenapa? Ya, nanti juga akan tahu sendiri, ha-ha-ha. Enggak perlu bikin pengumuman kalau sudah punya pacar kan? Lagian kalau pacaran itu urusan cowok dan ceweknya, bukan teman-teman disekitarnya. Tapi enggak kenalin bukan berarti nutupin ya, itu beda tipis tapi artinya jauh banget. Kalau menutupi tentang status hubungan berarti memang ada yang disembunyikan. Hubungan yang diam-diam jarang yang berakhir bahagia.” (Aga, 17 tahun)

Baca juga: Berdasarkan Zodiak, Ini Cara Kita Jatuh Cinta di Tahun 2017. Penasaran?

Dalam sebuah hubungan, yang namanya komunikasi itu penting dan terutama. Segala sesuatunya bisa dibicarakan baik-baik dan jangan menumpahkan semua kekesalan kita dengan perilaku yang sebenarnya mengesalkan, seperti diemin pacar, ngambek sama pacar.