5 Mitos Kecantikan Umum yang Ternyata Hoax Belaka

By Lana Syahbani, Kamis, 23 Februari 2017 | 10:15 WIB
Tips Membersihan Produk Kecantikan yang Perlu Kita Tahu (Lana Syahbani)

Waktu ngobrol soal kecantikan sama teman ataupun orangtua, ada saja beberapa hal yang sebenarnya belum kita pastikan kebenarannya. Karena enggak tahu apakah hal-hal menyangkut kecantikan ini betul atau enggak, kita lantas percaya tanpa membuktikannya. Padahal, kalau kita rajin baca dan cari tahu faktanya, kita bisa lebih cerdas dalam menjaga kecantikan kulit. Biar enggak tersesat, cek 5 mitos kecantikan umum yang ternyata hoax belaka ini, yuk.

 

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Kita Enggak Boleh Berbagi Kosmetik dan Alat Kecantikan Sama Orang Lain

 

Tips Membersihan Produk Kecantikan yang Perlu Kita Tahu

Banyak produk di pasaran yang mengklaim khusus dibuat untuk kelompok umur tertentu. Kenyataannya, umur bukan indikator utama buat menentukan skincare mana yang kita butuhkan. Masalah kulit yang kita hadapi saat umur 30 tahun masih bisa datang ketika berumur 50 tahun. Misalnya, kayak jerawat dan pori-pori tersumbat yang bisa datang saat umut berapapun. Daripada melihat umur, kita mesti lebih fokus sama jenis kulit, serta masalah kulit apa yang saat ini sedang kita hadapi.

 

Tips Membersihan Produk Kecantikan yang Perlu Kita Tahu

Sebutan hypoallergenic digunakan untuk produk yang enggak gampang menyebabkan reaksi alergi dan dibuat untuk kita yang berkulit sensitif. Tapi, sebenarnya enggak ada aturan larangan yang baku buat bahan-bahan produk hypoallergenic ini. Daripada mencari kata ini pada label skincare atau kosmetik, lebih baik kita memastikan apakah produk itu bebas fragrance dan bahan yang membuat kulit kita alergi.

 

Baca juga: Tutorial Igari Makeup, Riasan Cute yang Hits Banget di Jepang!

 

Tips Membersihan Produk Kecantikan yang Perlu Kita Tahu

Sebutan age spot sama sekali enggak tepat buat noda hitam yang muncul pada wajah. Noda hitam ini sebenarnya bisa muncul pada semua usia. Hal ini biasanya disebabkan oleh produk kecantikan yang kita pakai, serta bagaimana kita melindungi kulit kita dari sinar matahari. Biar terhindar dari noda hitam, memakai sunblock setiap hari adalah sebuah kewajiban.

 

Tips Membersihan Produk Kecantikan yang Perlu Kita Tahu

Salah! Cewek berumur 20-an bahkan sampai 60-an masih bisa mendapatkan jerawat sama kayak remaja. Selain itu, memiliki kulit yang bersih ketika remaja juga bukan jaminan kita enggak akan terkena jerawat di kemudian hari. Seperti yang kita tahu, jerawat muncul karena pori-pori yang tersumbat kotoran, serta adanya minyak berlebih pada wajah. Hal ini bisa terjadi sama cewek manapun, bukan cuma remaja.

 

Tips Membersihan Produk Kecantikan yang Perlu Kita Tahu

Enggak ada satupun penelitian yang mengatakan bahwa kosmetik bisa menyebabkan jerawat. Hal yang pasti, jerawat akan muncul ketika kita enggak membersihkan makeup sampai tuntas. Jadi, pastikan kita membersihkan wajah sampai bersih setelah memakai makeup biar enggak jerawatan nantinya.

 

Sumber: paulaschoice.com

 

Nah buat kita yang udah capek dan kesel banget sama informasi hoax, bisa klik aja di sini untuk ikut gerakan anti-hoax. Di artikel ini, kamu bakal dijelasin gimana membedakan informasi yang benar dan yang hoax. Gimana jadi pembaca yang pintar, dan supaya enggak lagi-lagi jadi korban hoax.